Faktor Yang Mempengaruhi Keselamatan dan Kesehatan Kerja



Faktor Yang Mempengaruhi Keselamatan dan Kesehatan Kerja
     Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja seperti yang dikemukakan oleh Sedarmayanti, yaitu:
1.         Kebersihan
Kebersihan merupakan syarat utama bagi pegawai agar tetap sehat, dan dalam pelaksanaannya tidak memerlukan banyak biaya. Untuk menjaga kesehatan, semua ruangan hendaknya dalam keadaan bersih.
2.         Air minum dan kesehatan
Air minum yang bersih dari sumber yang sehat secara teratur hendaknya diperiksa, dan harus disediakan secara cuma-cuma dekat tempat kerja. Hal ini penting karena ditempat persediaan air yang disangsikan kebersihannya dan ditempat kerja terbuka, apabila tidak ada persediaan air bersih pegawai akan cenderung untuk menyegarkan diri dengan air kotor.
3.         Urusan rumah tangga
Kerapihan dalam ruang kerja membantu pencapaian produktivitas dan mengurangi kemungkinan kecelakaan. Jika jalan sempit dan tidak bebas dari tumpukan bahan dan hambatan lain, maka waktu akan terbuang untuk menggeser hambatan tersebut sewaktu bahan dibawa ked an dari tempat kerja atau mesin.
4.         Ventilasi, pemanas dan pendingin
Ventilasi yang menyeluruh perlu untuk kesehatan dan rasa keserasian para pegawai, oleh karenanya merupakan factor yang mempengaruhi efisiensi kerja.pengaruh udara panas dan akibatnya dapatmenyebabkan baynak waktu hilang karena pegawai tiap kali harus pergi keluar akibat kadaan kerja yang tidak tertahan.
Suhu efektif atau daya pendingin tergantung dari:
a.        Laju perbaikan udara
b.        Suhu udara
c.        Kelembaban
5.         Tempat kerja, ruang kerja dan tempat duduk
Seorang pegawai tidak mungkih bekerja jika baginya tidak tersedia cukup tempat untuk bergerak tanpa mendapat gangguan dari teman kerjanya, gangguan dari mesin atau tumpukan bahan. Dalam keadaan tertentu kepadatan tempat kerja dapat berakibat buruk bagi kesehatan pegawai, tetapi pada umumnya kepadatan termaksud menyangkut masalah efisiensi kerja.
6.         Pencegahan kecelakaan
Pencegahan kecelakaan harus diupayakan dengan cara meniadakan penyebabnya, apakah sebab itu merupakan sebab teknis atau sebab yang datang dari manusia.
7.         Pencegahan kebakaran
Pencegahan senantiasa lebih baik daripada memadamkan kebakaran, tetapi harus ditekankan pentingnya peralatan dan perlengkapan lainnya untuk pemadaman kebakaran, yang harus dipelihara dalam keadaan baik.
8.         Gizi
Pembahasan lingkungan kerja tidak dapat terlepas tanpa menyinggung tentang masalah jumlah dan nilai gizi makanan para pegawai. Dalam keadaan yang demikian diharapkan pegawai akan sanggup menghasilkan keluaran yang dapat memenuhi criteria perusahaan.
9.         Penerangan/cahaya, warna, dan suara bising di tempat kerja
Pemanfaatan penerangan/cahaya dan warna ditempat kerja dengan setepat-tepatnya mempunyai arti penting dalam menunjang keselamatan dan kesehatan kerja. Kebisingan ditempat kerja merupakan factor yang perlu dicegah atau dihilangkan karena dapat mengakibatkan kerusakan.
(1996;112).

No comments

Powered by Blogger.