Kesulitan dalam Pengendalian Biaya Pemasaran
Kesulitan dalam Pengendalian Biaya Pemasaran
Pada umumnya pengendalian
biaya pemasaran lebih sulit dan kompleks dibandingkan dengan pengendalian biaya
produksi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
1.
Kegiatan yang dilaksanakan
Kegiatan pemasaran lebih bervariasi dibandingkan dengan kegiatan
produksi. Dalam kegiatan produksi, umumnya menggunakan mesin dan bahan baku
yang sama serta jumlah yang dihasilkan juga kurang lebih sama dalam suatu
periode tertentu. Sedangkan kegiatan pemasaran dapat bervariasi dan berubah
dari waktu ke waktu walaupun perusahaan itu sejenis, contohnya kegiatan
distribusi.
2.
Fleksibilitas biaya pemasaran lebih mudah terpengaruh
dibandingkan dengan fleksibilitas biaya produksi.
3.
Tingkat variabilitas biaya
Dasar kapasitas untuk menentukan tingkat variabilitas biaya pemasaran
umumnya lebih kompleks dibandingkan dengan dasar kapasitas yang menentukan
tingkat variabilitas biaya produksi. Variabilitas biaya pemasaran lebih banyak
dipengaruhi oleh macam-macam fungsi kegiatan pemasaran sedangkan variabilitas
biaya produksi sangat dipengaruhi oleh kegiatan produksi
4.
Pengukuran prestasi
Kegiatan produksi lebih mudah diukur prestasinya, yaitu dengan melihat
penekanan biaya produksi per unit serendah mungkin dengan tetap mempertahankan
kualitas produk. Kegiatan pemasaran lebih sulit diukur prestasinya, yaitu
bagaimana menaikkan penjualan dengant tetap memperhatikan efisiensi dan
efektivitas.
5.
Sebab akibat
Kegiatan produksi lebih mudah diketahui hubungan sebab akibatnya,
misalnya kenaikan jumlah produksi mengakibatkan naiknya biaya produksi. Akan
tetapi pada kegiatan pemasaran sulit diketahui adanya hubungan sebab akibat.
Hali ini disebabkan karena sering timbul selisih waktu antara sebab dan
akibatnya, serta sulitnya sebab akibat tersebut dihubungkan. Contoh : adanya
kenaikan biaya advertising dan promosi pada periode tertentu, seringkali baru
mengakibatkan kenaikan penjualan pada periode berikutnya, dan sulit ditentukan
apakah kenaikan biaya promosi tersebut merupakan satu-satunya faktor yang
menyebabkan kenaikan penjualan.
Post a Comment