Kesulitan dalam Pengendalian Biaya Pemasaran



Kesulitan dalam Pengendalian Biaya Pemasaran
Pada umumnya pengendalian biaya pemasaran lebih sulit dan kompleks dibandingkan dengan pengendalian biaya produksi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
1.      Kegiatan yang dilaksanakan
Kegiatan pemasaran lebih bervariasi dibandingkan dengan kegiatan produksi. Dalam kegiatan produksi, umumnya menggunakan mesin dan bahan baku yang sama serta jumlah yang dihasilkan juga kurang lebih sama dalam suatu periode tertentu. Sedangkan kegiatan pemasaran dapat bervariasi dan berubah dari waktu ke waktu walaupun perusahaan itu sejenis, contohnya kegiatan distribusi.
2.      Fleksibilitas biaya pemasaran lebih mudah terpengaruh dibandingkan dengan fleksibilitas biaya produksi.
3.      Tingkat variabilitas biaya
Dasar kapasitas untuk menentukan tingkat variabilitas biaya pemasaran umumnya lebih kompleks dibandingkan dengan dasar kapasitas yang menentukan tingkat variabilitas biaya produksi. Variabilitas biaya pemasaran lebih banyak dipengaruhi oleh macam-macam fungsi kegiatan pemasaran sedangkan variabilitas biaya produksi sangat dipengaruhi oleh kegiatan produksi
4.      Pengukuran prestasi
Kegiatan produksi lebih mudah diukur prestasinya, yaitu dengan melihat penekanan biaya produksi per unit serendah mungkin dengan tetap mempertahankan kualitas produk. Kegiatan pemasaran lebih sulit diukur prestasinya, yaitu bagaimana menaikkan penjualan dengant tetap memperhatikan efisiensi dan efektivitas.
5.      Sebab akibat
Kegiatan produksi lebih mudah diketahui hubungan sebab akibatnya, misalnya kenaikan jumlah produksi mengakibatkan naiknya biaya produksi. Akan tetapi pada kegiatan pemasaran sulit diketahui adanya hubungan sebab akibat. Hali ini disebabkan karena sering timbul selisih waktu antara sebab dan akibatnya, serta sulitnya sebab akibat tersebut dihubungkan. Contoh : adanya kenaikan biaya advertising dan promosi pada periode tertentu, seringkali baru mengakibatkan kenaikan penjualan pada periode berikutnya, dan sulit ditentukan apakah kenaikan biaya promosi tersebut merupakan satu-satunya faktor yang menyebabkan kenaikan penjualan.

No comments

Powered by Blogger.