Pengertian Promosi
Pengertian
Promosi
Promosi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan membujuk pasar konsumen bagi produk perusahaan. Promosi
merupakan kegiatan penting para perusahaan. Suatu perusahaan tidak akan berguna
selama produk tersebut tidak sampai pada konsumen yang membutuhkan. Dengan
adanya promosi maka konsumen akan mengetahui adanya suatu produk baru akan
keluar kepasaran.
Dalam kegiatan perusahaan, kadang istilah promosi digunakan secara sinonim
dengan istilah penjualan. Meskipun yang dimaksud adalah promosi yang
sebenarnya. Istilah penjualan itu meliputi kegiatan pemindahan barang atau
serta penggunaan saja, adapun pengertian promosi dapat kita lihat dari beberapa
pendapat para ahli, diantaranya :
Rossiter and Percy (1998:3)
mengemukakan pengertian promosi sebagai berikut :
“Promotion are often regarded as a more direct form of persuasion,
based frequently on external incentives rather than inherent product benefit,
designed to stimulate immediate purchase and to “move sales forward” more
rapidly than would otherwise occur”
Pengertian
promosi menurut William J. Stanton
dikutip oleh Djaslim Saladin (2004:171)
adalah sebagai berikut :
“Promosi adalah salah satu unsur dalam
bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk,
dan mengingatkan tentang produk perusahaan”
Promosi
menurut William Schoell dalam Buchari Alma (2004:179)
“Promosi ialah usaha yang dilakukan oleh
marketer, berkomunikasi dengan calon audiens. Komunikasi adalah suatu proses
membangun ide, informasi atau perasaan audiens”
Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi merupakan
kegiatan komunikasi untuk menyebarkan informasi yang bersifat mempengaruhi,
membujuk dan menarik konsumen.
Post a Comment