Fungsi Saluran Distribusi Pemasaran
Fungsi
Saluran Distribusi Pemasaran
Dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat,
kebanyakan perusahaan pada saat sekarang ini mempunyai kebijakan dalam
memasarkan produknya menggunakan jaringan-jaringan pemasaran, atau lebih
dikenal dengan istilah pembentukan saluran distribusi.
Saluran distribusi menurut perkembangannya
sangat pesat dalam dunia usaha, khususnya dalam meningkatkan volume penjualan
pada perusahaan.banyak anggapan dari para konsumen mengenai saluran distribusi
pemasaran ini diantaranya ada yang mengatakan bahwa dengan adanya saluran
distribusi pemasaran maka masyarakat akan lebih mudah mendapatkan produk tanpa
harus pergi ketempat yang jauh.
Ada banyak tujuan mengapa
perusahaan membutuhkan saluran distribusi dalam memasarkan produknya. Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya Strategi Pemasaran edisi II (2001; 185) mengatakan
bahwa fungsi saluran distribusi tebagi atas dua bagian yaitu :
“1. Saluran distribusi dapat menciptakan nilai
tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran yang dapat merealisasikan
kegunaan.
2. Saluran
distribusi dapat memperlancar arus perputaran produk dalam pemasarannya
(marketing channel flow).
Sedangkan menurut Philip Kotler dalam buku Manajemen
Pemasaran edisi 9e (1997;141) mengatakan bahwa tujuan saluran distribusi
terdiri atas :
“1. Saluran
distribusi dapat dijadikan sebagai penyampaian informasi dari produsen kepada
konsumen.
2. Saluran
distribusi dapat dijadikan sebagai media promosi.
3. Saluran
distribusi dapat dijadikan sebagai negosiator antara konsumen dengan produsen.
4. Saluran
distribusi dapat dijadikan sebagai perantara dalam pemesanan barang”.
Berdasarkan
fungsi-fungsi di atas maka penulis menyimpulkan bahwa saluran distribusi mempunyai
fungsi sebagai alat peningkatan volume penjualan dengan media perantara.
Post a Comment