Fungsi Saluran Distribusi Pemasaran



Fungsi Saluran Distribusi Pemasaran
Dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat, kebanyakan perusahaan pada saat sekarang ini mempunyai kebijakan dalam memasarkan produknya menggunakan jaringan-jaringan pemasaran, atau lebih dikenal dengan istilah pembentukan saluran distribusi.
 Saluran distribusi menurut perkembangannya sangat pesat dalam dunia usaha, khususnya dalam meningkatkan volume penjualan pada perusahaan.banyak anggapan dari para konsumen mengenai saluran distribusi pemasaran ini diantaranya ada yang mengatakan bahwa dengan adanya saluran distribusi pemasaran maka masyarakat akan lebih mudah mendapatkan produk tanpa harus pergi ketempat yang jauh.
Ada banyak tujuan mengapa perusahaan membutuhkan saluran distribusi dalam memasarkan produknya. Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya Strategi Pemasaran edisi II (2001; 185) mengatakan bahwa fungsi saluran distribusi tebagi atas dua bagian yaitu :
“1.  Saluran distribusi dapat menciptakan nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran yang dapat merealisasikan kegunaan.
2.   Saluran distribusi dapat memperlancar arus perputaran produk dalam pemasarannya (marketing channel flow).

Sedangkan menurut Philip Kotler dalam buku Manajemen Pemasaran edisi 9e (1997;141) mengatakan bahwa tujuan saluran distribusi terdiri atas :
“1.  Saluran distribusi dapat dijadikan sebagai penyampaian informasi dari produsen kepada konsumen.
2.   Saluran distribusi dapat dijadikan sebagai media promosi.
3.   Saluran distribusi dapat dijadikan sebagai negosiator antara konsumen dengan produsen.
4.   Saluran distribusi dapat dijadikan sebagai perantara dalam pemesanan barang”.

Berdasarkan fungsi-fungsi di atas maka penulis menyimpulkan bahwa saluran distribusi mempunyai fungsi sebagai alat peningkatan volume penjualan dengan media perantara.

No comments

Powered by Blogger.