Pengertian Pemasaran
Pengertian
Pemasaran
Setelah memahami arti pentingnya pemasaran dalam
kehidupan dunia usaha, keberadaan pemasaran dapat dikatakan sebagai pembuka
jalan bagi perusahaan dalam menawarkan produknya kepasar sasaran, dimana
konsumen diberi kesempatan untuk memilih produk yang disukainya.
Pemasaran mencakup
berbagai aktivitas yang ditujukan untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan
keinginan konsumen, apabila seorang pemasar dapat mengidentifikasikan kebutuhan
dan keinginan konsumen, mengembangkan produk, menetapkan harga,
mendistribusikannya secara baik serta mempromosikan produk-produk tersebut,
maka produk tersebut dapat terjual.
Beberapa pakar
bidang pemasaran telah
mengidentifikasikan pemasaran dari berbagai sudut pandang, berkenaan dengan hal
tersebut, penulis mencoba untuk menjabarkan beberapa definisi mengenai
marketing atau pemasran.
Menurut Philip Kotler dalam bukunya yang berjudul
Marketing Management, international edition, (2000, 8) pengertian pemasaran
adalah :
“Marketing is societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creatin, offering and freely exchanging products and service of value”.
Dilihat dari definisi pemasaran maka penulis dapat melihat konsepnya
yaitu sebagai berikut: kebutuhan (need), keinginan (wants), dan
permintaan (demmand), produk (barang dan jasa), pertukaran sesuatu yang
mempunyai nilai (value).
Definisi pemasaran menurut
Wiliam J. Stanton, Michael J. Etzel dan Bruce J. Walker dalam buku intisari
Management pemasaran (1997; 3) adalah :
“Marketing
is a total system of businees designed to plan,
price, promote, and distribute want satisfying products to target
markets to acheve organizational objective ”.
Dari definisi di atas dikatakan bahwa
pemasaran yaitu suatu aktivitas yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan
konsumen baik individu maupun kelompok, dimana aktivitas meliputi perencanaan
dan pembuatan produk,
penetapan harga, promosi dan perindustrian.
Post a Comment