Pengertian Pemasaran



 Pengertian Pemasaran
Setelah memahami arti pentingnya pemasaran dalam kehidupan dunia usaha, keberadaan pemasaran dapat dikatakan sebagai pembuka jalan bagi perusahaan dalam menawarkan produknya kepasar sasaran, dimana konsumen diberi kesempatan untuk memilih produk yang disukainya.
Pemasaran mencakup berbagai aktivitas yang ditujukan untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan konsumen, apabila seorang pemasar dapat mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan konsumen, mengembangkan produk, menetapkan harga, mendistribusikannya secara baik serta mempromosikan produk-produk tersebut, maka produk tersebut dapat terjual.
Beberapa pakar bidang pemasaran  telah mengidentifikasikan pemasaran dari berbagai sudut pandang, berkenaan dengan hal tersebut, penulis mencoba untuk menjabarkan beberapa definisi mengenai marketing atau pemasran.
Menurut Philip Kotler dalam bukunya yang berjudul Marketing Management, international edition, (2000, 8) pengertian pemasaran adalah :

“Marketing is societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creatin, offering and freely exchanging products and service of value”.

 Dilihat dari definisi pemasaran maka penulis dapat melihat konsepnya yaitu sebagai berikut: kebutuhan (need), keinginan (wants), dan permintaan (demmand), produk (barang dan jasa), pertukaran sesuatu yang mempunyai nilai (value).
 Definisi pemasaran menurut Wiliam J. Stanton, Michael J. Etzel dan Bruce J. Walker dalam buku intisari Management pemasaran (1997; 3) adalah :
 Marketing is a total system of businees designed to plan,  price, promote, and distribute want satisfying products to target markets to acheve organizational objective ”.

Dari definisi di atas dikatakan bahwa pemasaran yaitu suatu aktivitas yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen baik individu maupun kelompok, dimana aktivitas meliputi perencanaan dan pembuatan                produk, penetapan harga, promosi dan perindustrian.

No comments

Powered by Blogger.