Bauran Pemasaran
Bauran
Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah
alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam
pasar sasaran. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat antar perusahaan
maka saluran distribusi harus lebih ditingkatkan. Saluran distribusi merupakan
salah satu bagian dari marketing mix (bauran pemasaran). Marketing mix ini
terdiri dari variabel-variabel yang dapat digabungkan perusahaan untuk
mempengaruhi permintan akan produknya, dan
variabel-variabel tersebut lebih dikenal dengan 4P yang dikemukakan oleh
McCarthy adalah :
“1.
Product
2. Price
3. Place
4. Promotion”
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu
pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik berupa barang maupun jasa.
Price adalah sejumlah biaya (dalam bentuk uang ) yang harus
dikeluarkan untuk mendapatkan produk,
baik barang atau jasa.
Place adalah tempat berbagai kegiatan yang harus dilakukan
oleh perusahaan dalam menyediakan produk dalam jumlah yang tepat dan
menempatkannya pada tempat yang tepat pula, sehingga produk tersebut selalu
tersedia pada saat konsumen atau pelanggan membutuhkannya.
Promotion adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam
memasarkan produknya.
Post a Comment