Jenis-jenis Display



Jenis-jenis Display
          Jenis-jenis display menurut Buchari Alma (2000:146) :
a.     Window display
Yaitu terletak di bagian depan toko, harus di tata supaya menarik, karena terlihat langsung dari luar. Terdiri dari :
-          Selling display
Menunjukan contoh barang yang dijual oleh toko tersebut, pemajangan barang-barang disesuaikan dengan rencana dekorasi display yang telah ditentukan agar penampilannya menarik
-          Prestige building window
Etalase disesuaikan dengan peristiwa-peristiwa tertentu yang berjalan untuk meningkatkan penjualan dengan menarik konsumen untuk masuk ke dalam toko
b.     Eksterior display
Yaitu suatu kegiatan menjual barang yang dilakukan diluar lokasi ataupun diluar toko pada konsumen tertentu. Misal : display yang diselenggarakan pada acara pameran-pameran
c.       Interior display
Yaitu pemajangan barang-barang didalam toko yang berfungsi pada saat orang masuk ke dalam toko, karena disini calon konsumen melihat barang-barang dari dekat, maka pekerja pada bagian display dituntut untuk menata toko semenarik mungkin sehingga merangsang konsumen untuk membelanjakan uangnya.
Interior display terdiri dari :
a)    Merchandise display
Yaitu penyusunan barang-barang yang diperdagangkan dalam ruangan toko yang mana hal ini menjadi suatu masalah terpenting dari interior display. Merchandise display terdiri dari :
·       Open display
Yaitu pemajanagn barang-barang secara terbuka dengan tujuan memudahkan konsumen dalam melakukan pemilihan atas barang tersebut. Barang dapat dilihat dan diteliti serta dipilih secara langsung tanpa minta bantuan kepada petugas toko.
Jenis barang yang terdapat pada open display :
-          Barang yang lakunya lambat.
-          Barang yang pengecer atau perusahaan ingin cepat laku atau habis persediaan.
-          Barang yang kecil yang  dapat disimpan di suatu tempat.
-          Barang dengan margin tinggi yang cocok untuk open display karena meningkatkan kenaikan rata-rata penjualan berarti mempertinggi keuntungan yang diperoleh.
-          Barang yang khusus untuk dijual.

Bentuk-bentuk open display :
-          Counter display
Yaitu pemajangan barang pada suatu rak yang terbuka atau pada suatu meja yang berukuran panjang dan terbuka
-          Specialist feature display
Terdiri dari berbagai macam dan unit display yang menunjukan suatu pilihan yang lengkap dari suatu barang
-          Mass display
Yaitu pemajangan dari suatu barang pada suatu tempat tertentu yang terdiri dari satu jenis barang


-          Table display
Yaitu pemajangan dari suatu barang yang letaknya diatas meja
-          Island display
Yaitu pemajangan barang-barang pada ruangan diamana barang terletak di tengah toko atau berbentuk pulau-pulau dari bermacam-macam barang
-          Shelving display
Yaitu pemajangan barang dengan menggunakan rak yang terletak pada dinding
-        Ledge display
Yaitu pemajangan barang-barang pada bagian atas suatu rak
·         Close display
Yaitu pemajangan pada suatu tempat tertutup dengan menggunakan kaca bening (etalase) sehingga dapat terlihat dari luar, dan untuk mengambilnya memerlukan pertolongan petugas penjualan (pramuniaga). Barang yang dapat ditempatkan pada close display diantaranya adalah :
-          Barang yang bentuknya kecil, untuk mencegah resiko kehilangan barang
-          Barang yang mudah rusak
-          Barang yang disimpan di tempat tertutup karena mempunyai tujuan untuk meningkatkan nilai barang karena bersifat istimewa yang terdapat pada barang tersebut
-          Barang atau makanan yang sudah siap dikonsumsi
·         Architectural display
Merupakan suatu penataan yang berbentuk ruangan, karena barang yang dipajang bentuknya besar. Disini yang diperlihatkan dalam penggunaan dipertunjukan secara nyata, misal : seperangkat meubel untuk ruang tamu, disusun sedemikian rupa sehinga apabila pengunjung melihat maka akan merasa di ruang tamu sebenarnya.
b)      Dealer display
Yaitu suatu display yang diselenggarakan oleh toko yang fasilitasnya disediakan oleh produsen, disni terjadi kerjasama (konsinyasi)
c)      Store sign and decoration
Yaitu petunjuk (tulisan yang menunjukan letak barang-barang apa saja yang berada pada suatu tempat kelompok rak-rak) sehingga memudahkan konsumen tersebut untuk belanja. Biasanya petunjuknya tersebut digantungkan didalam ruangan toko, sedangkan dekorasi adalah display yang dipersiapkan untuk menyambut peristiwa-peristiwa khusus.

No comments

Powered by Blogger.