Pertimbangan Penentuan Saluran Distribusi



Pertimbangan Penentuan Saluran Distribusi
Dalam menetapkan saluran distribusi, hendaknya melihat dan mempertimbangkan banyak hal. Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya Strategi Pemasaran edisi II (2001;  203) pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan oleh perusahaan meliputi:
1.    Pertimbangan Pasar dengan melihat
a.    Jenis pasar
b.    Jumlah pelanggan profesional
c.    Konsentrasi geografis pasar
d.    Jumlah dan ukuran pesanan
2.    Pertimbangan Produk dengan melihat
a.    Nilai unit (Unit value)

b.    Perishability
c.    Sifat teknis produk
3.    Pertimbangan tentang perantara dengan melihat
a.    Jasa yang diberikan perantara
b.    Keberadaan perantara yang diinginkan
c.    Sikap perantara terhadap kebijakan perusahaan
4.    Pertimbangan Perusahaan
a.    Sumber-sumber finansial
b.    Kemampuan manajemen
c.    Tingkat pengendalian yang diinginkan
d.    Jasa yang diberikan penjual
e.    Lingkungan
Berdasarkan uraian di atas maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan saluran distribusi, dan perusahaan dituntut untuk melihat dari dua faktor utama yaitu faktor intern perusahaan dan faktor ekstern perusahaan.

No comments

Powered by Blogger.