Klasifikasi Loyalitas
Klasifikasi Loyalitas
Menurut Stephen P Robbins menyatakan bahwa:
“loyalitas
kayawan yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan, dan dipelihara terus-menerus diantaranya
mencakup loyalitas terhadap pekerjaan, rekan kerja, dan organisasi. Loyalitas
ini tercermin pada komitmen individu terhadap pekerjaan, rekan sekerja, dan
organisasi”. (1992)
Hal senada juga dikemukakan oleh Siagian yang menyatakan bahwa:
“Loyalitas
yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan dan dipelihara terus-menerus mencakup
loyalitas terhadap pekerjaan, rekan sekerja dan organisasi. Karena demikian akan timbul solidaritas sosial
yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa kebersamaan yang dapat meningkatkan
efektivitas organisasi”. (1993)
Jadi
klasifikasi loyalitas pada karyawan adalah meliputi loyalitas karyawan terhadap
pekerjaan, loyalitas terhadap pada hubungan kerja, dan loyalitas terhadap
organisasi.
1.
Loyalitas terhadap pekerjaan.
Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan merupakan kepatuhan dan kesetiaan
karyawan terhadap pekerjaannya, yang tercermin dalam keahlian, tanggung jawab
dan kejujurannya untuk selalu melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya
dan dengan usaha yang maksimal. Loyalitas karyawan terhadap pekerjaannya ini
mencerminkan adanya keyakinan batin karyawan terhadap pekerjaan yang
dilakukannya baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui orang lain.
2.
Loyalitas terhadap hubungan kerja.
Loyalitas terhadap hubungan kerja merupakan kepatuhan dan kesetiaan
karyawan dalam menjamin kerja sama dengan lingkungan kerjanya. Loyalitas
karyawan terhadap hubungan kerja ini merupakan pengungkapan dari kesetiaan/
kepatuhan karyawan terhadap atasan, rekan kerja, bahkan bawahan, dalam bentuk tindakan,
tingkah laku dan kemauan untuk bekerja sama dengan lainnya.
3.
Loyalitas terhadap organisasi.
Loyalitas terhadap organisasi merupakan pengungkapan dan kesetiaan dan
kepatuhan karyawan terhadap organisasi dalam bentuk tindakan dan tingkah laku,
terutama bila perusahaan atau organisasi sedang menghadapi kesulitan atau
masalah. Loyalitas karyawan terhadap organisasi tercermin dalam sikap dan
perilaku untuk selalu tepat hadir, patuh pada peraturan, dan tetap merasa
senang dan betah dalam bekerja.
Post a Comment