Pengertian Loyalitas Karyawan



Pengertian Loyalitas Karyawan
            Menurut The Encyclopedia Americana  loyalitas adalah:
“Loyalty is devotion to a cause, whether the cause is a principle or to an institution, or a cluster of institution”. “Loyalitas adalah kesetiaan kepada sesuatu, baik kepada prinsip, sekelompok prinsip, atau kepada suatu lembaga atau sekelompok lembaga” (1996:378).  

Dalam The Encyclopedia Britannica loyalitas adalah:
Loyalty as a general term, signifies a person’s devotion or sentiment of attachment to a particular object, which may be another person or group of person an ideal, a duty or cause”. “Loyalitas secara umum merupakan kesetiaan seseorang atau perasaan kasih saying pada objek penting yang dapat berupa seseorang, sekelompok orang, cita-cita, tugas atau alasan tertentu”. (1968:378)

            Menurut Zain Badudu dalam buku Kamus Umum Bahasa Indonesia “Loyalitas adalah kesetiaan dan kepatuhan yang harus ada pada atasan, kepada perusahaan tempat bekerja”. (1994)
Sedangkan Malayu SP Hasibuan menyebutkan bahwa:
“Loyalitas sebagai salah satu unsur dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetiaan terhadap pekerjaan, jabatan, dan organisasi yang mencerminkan oleh adanya kesediaan karyawan untuk menjaga dan membela organisasi di dalam atau di luar pekerjaan dari rombongan orang yang tidak bertanggung jawab. Loyalitas menunjukan bahwa karyawan turut berpartisipasi aktif terhadap perusahaan atau korpsnya”. (2001:94)

Dari beberapa definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa loyalitas karyawan dapat diartikan sebagai kesetiaan dan kepatuhan karyawan terhadap perusahaan. Loyalitas menggambarkan bagaimana seorang karyawan bersikap dan berperilaku dalam mendukung kelangsungan kinerja suatu organisasi atau suatu perusahaan dan loyalitas tersebut harus terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap terus bersikap dan berprilaku positif pada perusahaannya.
Terciptanya loyalitas menjadi harapan baik untuk perusahaan maupun karyawan. Perusahaan yang loyal akan memperlakukan karyawan tidak hanya sebagai asetnya yang paling berharga namun juga sebagai mitra kerja dalam mencapai tujuan bersama. Di sisi lain, dengan memiliki karyawan yang loyal, maka perusahaan akan mencapai efisiensi dan efektifitas sebagaimana direncanakan.
Drs. T. Djoharsjah Mx., sebagaimana yang dikutip oleh Poerwopoespito  mengatakan bahwa:
A loyal and faithful employee who no sufficient and knowledge, may easily be trained, but a smart and clever employee who have no sufficient loyalty and faith is really dangerous”. “seseorang karyawan yang loyal dan dapat dipercaya namun tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, akan dengan mudah dilatih, namun seseorang karyawan yang pintar dan cerdas yang tidak memiliki loyalitas dan kepercayaan yang rendah akan sangat berbahaya”. (2000:18)

            Loyalitas karyawan yang diungkapkan dalam sikap mental positif dapat menjadi umpan balik bagi perusahaan untuk mengukur besarnya motivasi bekerja, kepuasan kerja, serta kepedulian karyawan sebagai mitra usaha akan kemajuan perusahaan.

No comments

Powered by Blogger.