Pengertian Loyalitas Karyawan
Pengertian Loyalitas Karyawan
Menurut The Encyclopedia Americana loyalitas adalah:
“Loyalty is devotion to a cause, whether the
cause is a principle or to an institution, or a cluster of institution”. “Loyalitas
adalah kesetiaan kepada sesuatu, baik kepada prinsip, sekelompok prinsip, atau
kepada suatu lembaga atau sekelompok lembaga” (1996:378).
Dalam The Encyclopedia Britannica
loyalitas adalah:
“Loyalty as a general term, signifies a
person’s devotion or sentiment of attachment to a particular object, which may
be another person or group of person an ideal, a duty or cause”. “Loyalitas
secara umum merupakan kesetiaan seseorang atau perasaan kasih saying pada objek
penting yang dapat berupa seseorang, sekelompok orang, cita-cita, tugas atau
alasan tertentu”. (1968:378)
Menurut Zain Badudu dalam buku Kamus
Umum Bahasa Indonesia
“Loyalitas adalah kesetiaan dan kepatuhan yang harus ada pada atasan, kepada
perusahaan tempat bekerja”. (1994)
Sedangkan Malayu
SP Hasibuan menyebutkan bahwa:
“Loyalitas
sebagai salah satu unsur dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetiaan
terhadap pekerjaan, jabatan, dan organisasi yang mencerminkan oleh adanya
kesediaan karyawan untuk menjaga dan membela organisasi di dalam atau di luar
pekerjaan dari rombongan orang yang tidak bertanggung jawab. Loyalitas
menunjukan bahwa karyawan turut berpartisipasi aktif terhadap perusahaan atau
korpsnya”. (2001:94)
Dari
beberapa definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa loyalitas karyawan dapat
diartikan sebagai kesetiaan dan kepatuhan karyawan terhadap perusahaan.
Loyalitas menggambarkan bagaimana seorang karyawan bersikap dan berperilaku
dalam mendukung kelangsungan kinerja suatu organisasi atau suatu perusahaan dan
loyalitas tersebut harus terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap
terus bersikap dan berprilaku positif pada perusahaannya.
Terciptanya loyalitas menjadi harapan baik
untuk perusahaan maupun karyawan. Perusahaan yang loyal akan memperlakukan
karyawan tidak hanya sebagai asetnya yang paling berharga namun juga sebagai
mitra kerja dalam mencapai tujuan bersama. Di sisi lain, dengan memiliki
karyawan yang loyal, maka perusahaan akan mencapai efisiensi dan efektifitas
sebagaimana direncanakan.
Drs. T. Djoharsjah Mx., sebagaimana yang
dikutip oleh Poerwopoespito mengatakan
bahwa:
“A loyal and faithful employee who no
sufficient and knowledge, may easily be trained, but a smart and clever
employee who have no sufficient loyalty and faith is really dangerous”. “seseorang
karyawan yang loyal dan dapat dipercaya namun tidak memiliki keahlian dan
pengetahuan yang cukup, akan dengan mudah dilatih, namun seseorang karyawan
yang pintar dan cerdas yang tidak memiliki loyalitas dan kepercayaan yang
rendah akan sangat berbahaya”. (2000:18)
Loyalitas karyawan yang diungkapkan
dalam sikap mental positif dapat menjadi umpan balik bagi perusahaan untuk
mengukur besarnya motivasi bekerja, kepuasan kerja, serta kepedulian karyawan
sebagai mitra usaha akan kemajuan perusahaan.
Post a Comment