Sikap yang mencerminkan Loyalitas



Sikap yang mencerminkan Loyalitas
            Loyalitas karyawan terhadap perusahaan dapat terlihat dari sikap dan perbuatan karyawan baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari kelompok masyarakat dalam hal ini perusahaan. Sikap karyawan sebagai individu berkaitan dengan sikap karyawan terhadap pekerjaanya.
Robbins Stephen (1992:27) mengungkapkan bahwa ada tiga sikap karyawan terhadap pekerjaanya, yaitu kepuasan kerja, keterlibatan kerja dan komitmen. Seorang karyawan yang memiliki komitmen yang kuat dapat diartikan sebagai karyawan yang loyal.
Menurut Poerwopoespito mengemukakan bahwa:
“loyalitas kepada pekerjaan, dapat tercermin pada sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab, disiplin, serta jujur dalam bekerja”. (2000:214).
            Sikap loyal terhadap pekerjaan, berkaitan dengan kelompok kerja. Kelompok kerja yaitu dua orang atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama. kelompok kerja yang formal, baik berdasarkan kelompok menurut struktur organisasi, maupun berdasarkan tugas (tidak terbatas oleh struktur organisasi), memiliki perencanaan tugas-tugas yang dilaksanakan bersama untuk mencapai tujuan organisasi, anggota dari kelompok kerja yang efektif akan menunjukan loyalitas dan dedikasi yang tinggi kepada kelompok tersebut (Robbins, 1992:110).
Beberapa indikator yang menunjukan loyalitas ini diantaranya adalah kepatuhan terhadap atasan, kebersamaan dengan rekan kerja, serta kerja sama yang baik dengan bawahan dalam penyelesaian tugas. (Poerwopoespito, 2000)
            Sikap karyawan terhadap perusahaan diungkapkan oleh Robbins (1992:93) melalui kontrak psikologis yaitu kesepakatan tidak tertulis antara karyawan dengan organisasi atau perusahaaan mengenai harapan-harapan untuk diberikan dan untuk diterima antara kedua pihak tersebut. Perusahaan diharapkan memperlakukan karyawan dengan adil, menciptakan kondisi kerja yang baik, memberikan masukan atas hasil pekerjaan karyawan dan penghargaan lain. Karyawan diharapkan merespon hal tersebut dengan menunjukan sikap kerja yang baik, mengikuti aturan serta menunjukan loyalitasnya kepada organisasi.
Menurut Poerwopoespito (2000:53) mengemukakan bahwa:
”sikap karyawan sebagai bagian dari perusahaan yang paling utama adalah loyal. Sikap ini diantaranya tercermin dari adanya menciptakan suasana menyenangkan dan mendukung di tempat kerja, menjaga citra perusahaan dan adanya kesediaan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang”.

No comments

Powered by Blogger.