Sikap yang mencerminkan Loyalitas
Sikap yang mencerminkan Loyalitas
Loyalitas
karyawan terhadap perusahaan dapat terlihat dari sikap dan perbuatan karyawan
baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari kelompok masyarakat dalam hal
ini perusahaan. Sikap karyawan
sebagai individu berkaitan dengan sikap karyawan terhadap pekerjaanya.
Robbins Stephen (1992:27) mengungkapkan
bahwa ada tiga sikap karyawan terhadap pekerjaanya, yaitu kepuasan kerja,
keterlibatan kerja dan komitmen. Seorang karyawan yang memiliki komitmen yang
kuat dapat diartikan sebagai karyawan yang loyal.
Menurut Poerwopoespito mengemukakan bahwa:
“loyalitas kepada pekerjaan, dapat tercermin pada
sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki,
melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab, disiplin, serta jujur dalam
bekerja”. (2000:214).
Sikap
loyal terhadap pekerjaan, berkaitan dengan kelompok kerja. Kelompok kerja yaitu
dua orang atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung untuk mencapai
tujuan bersama. kelompok kerja yang formal, baik berdasarkan kelompok menurut
struktur organisasi, maupun berdasarkan tugas (tidak terbatas oleh struktur
organisasi), memiliki perencanaan tugas-tugas yang dilaksanakan bersama untuk
mencapai tujuan organisasi, anggota dari kelompok kerja yang efektif akan
menunjukan loyalitas dan dedikasi yang tinggi kepada kelompok tersebut
(Robbins, 1992:110).
Beberapa indikator yang menunjukan
loyalitas ini diantaranya adalah kepatuhan terhadap atasan, kebersamaan dengan
rekan kerja, serta kerja sama yang baik dengan bawahan dalam penyelesaian
tugas. (Poerwopoespito, 2000)
Sikap
karyawan terhadap perusahaan diungkapkan oleh Robbins (1992:93) melalui kontrak
psikologis yaitu kesepakatan tidak tertulis antara karyawan dengan organisasi
atau perusahaaan mengenai harapan-harapan untuk diberikan dan untuk diterima
antara kedua pihak tersebut. Perusahaan diharapkan memperlakukan karyawan
dengan adil, menciptakan kondisi kerja yang baik, memberikan masukan atas hasil
pekerjaan karyawan dan penghargaan lain. Karyawan diharapkan merespon hal
tersebut dengan menunjukan sikap kerja yang baik, mengikuti aturan serta
menunjukan loyalitasnya kepada organisasi.
Menurut Poerwopoespito (2000:53) mengemukakan
bahwa:
”sikap karyawan sebagai bagian dari perusahaan
yang paling utama adalah loyal. Sikap ini diantaranya tercermin dari adanya
menciptakan suasana menyenangkan dan mendukung di tempat kerja, menjaga citra
perusahaan dan adanya kesediaan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih
panjang”.
Post a Comment