Klasifikasi Loyalitas Karyawan
Klasifikasi Loyalitas Karyawan
Menurut
Stephen P. Robbins (1982:27) menyatakan bahwa “Loyalitas karyawan yang perlu
ditumbuhkan, dikembangkan, dan dipelihara terus-menerus diantaranya mencakup
loyalitas terhadap pekerjaan, rekan kerja dan organisasi. Loyalitas ini akan tercermin pada komitmen
individu terhadap pekerjaan, rekan sekerja, dan organisasi”.
Hal senada juga dikemukakan oleh Siagian (1993:27)
yang menyatakan bahwa:
“Loyalitas yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan
dan dipelihara terus-menerus mencakup loyalitas terhadap pekerjaan, rekan
sekerja dan organisasi. Karena demikian akan timbul solidaritas sosial yang
pada gilirannya akan meningkatkan rasa kebersamaan yang dapat meningkatkan
efektivitas organisasi”.
Jadi klasifikasi loyalitas pada karyawan
adalah meliputi loyalitas karyawan terhadap pekerjaan, loyalitas terdapat pada
hubungan kerja, dan loyalitas terhadap organisasi.
1.
Loyalitas terhadap pekerjaan
Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan merupakn kepatuhan dan kesetiaan
karyawan terhadap pekerjaannya, yang tercermin dalam keahlian, tanggung jawab
dan kejujurannya untuk selalu melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya
dan dengan usaha yang maksimal. Loyalitas karyawan terhadap pekerjaannya ini
mencerminkan adanya keyakinan batin karyawan terhadap pekerjaan yang
dilakukannya baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui orang lain.
2.
Loyalitas terhadap hubungan kerja
Loyalitas terhadap hubungan
kerja merupakan kepatuhan dan kesetiaan karyawan dalam menjalin kerjasama
dengan lingkungan kerjanya. Loyalitas karyawan terhadap hubungan kerja ini
merupakan pengungkapan dari kesetiaan/kepatuhan karyawan terhadap atasan, rekan
kerja, bahkan bawahan, dalam bentuk tindakan, tingkah laku dan kemauan untuk
dapat bekerjasama dengan lainnya.
3.
Loyalitas terhadap organisasi
Loyalitas terhadap organisasi merupakan pengungkapan dari kesetiaan dan
kepatuhan karyawan terhadap organisasi dalam bentuk tindakan dan tingkah laku,
terutama bila perusahaan atau organisasi sedang menghadapi kesulitan atau
masalah. Loyalitas karyawan terhadap organisasi tercermin dalam sikap dan
prilaku untuk selalu tetap hadir, patuh pada peraturan, dan tetap merasa senang
dan betah dalam bekerja.
Post a Comment