Klasifikasi Loyalitas Karyawan



Klasifikasi Loyalitas Karyawan
Menurut Stephen P. Robbins (1982:27) menyatakan bahwa “Loyalitas karyawan yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan, dan dipelihara terus-menerus diantaranya mencakup loyalitas terhadap pekerjaan, rekan kerja dan organisasi. Loyalitas ini akan tercermin pada komitmen individu terhadap pekerjaan, rekan sekerja, dan organisasi”.
Hal senada juga dikemukakan oleh Siagian (1993:27) yang menyatakan bahwa:

“Loyalitas yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan dan dipelihara terus-menerus mencakup loyalitas terhadap pekerjaan, rekan sekerja dan organisasi. Karena demikian akan timbul solidaritas sosial yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa kebersamaan yang dapat meningkatkan efektivitas organisasi”.


                 
Jadi klasifikasi loyalitas pada karyawan adalah meliputi loyalitas karyawan terhadap pekerjaan, loyalitas terdapat pada hubungan kerja, dan loyalitas terhadap organisasi.
1.      Loyalitas terhadap pekerjaan
Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan merupakn kepatuhan dan kesetiaan karyawan terhadap pekerjaannya, yang tercermin dalam keahlian, tanggung jawab dan kejujurannya untuk selalu melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya dan dengan usaha yang maksimal. Loyalitas karyawan terhadap pekerjaannya ini mencerminkan adanya keyakinan batin karyawan terhadap pekerjaan yang dilakukannya baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui orang lain.
2.      Loyalitas terhadap hubungan kerja
Loyalitas terhadap hubungan kerja merupakan kepatuhan dan kesetiaan karyawan dalam menjalin kerjasama dengan lingkungan kerjanya. Loyalitas karyawan terhadap hubungan kerja ini merupakan pengungkapan dari kesetiaan/kepatuhan karyawan terhadap atasan, rekan kerja, bahkan bawahan, dalam bentuk tindakan, tingkah laku dan kemauan untuk dapat bekerjasama dengan lainnya.
3.      Loyalitas terhadap organisasi
Loyalitas terhadap organisasi merupakan pengungkapan dari kesetiaan dan kepatuhan karyawan terhadap organisasi dalam bentuk tindakan dan tingkah laku, terutama bila perusahaan atau organisasi sedang menghadapi kesulitan atau masalah. Loyalitas karyawan terhadap organisasi tercermin dalam sikap dan prilaku untuk selalu tetap hadir, patuh pada peraturan, dan tetap merasa senang dan betah dalam bekerja.

No comments

Powered by Blogger.