Kriteria Prestasi Kerja



Kriteria Prestasi Kerja
            Seorang karyawan memiliki karakteristik prestasi kerja yang tinggi, menurut pendapat A. A Anwar Prabu Mangkunegara (2001:68) yaitu :
1.      Memiliki tanggung jawab prestasi yang tinggi.
2.      Berani mengambil resiko.
3.      Memiliki tujuan yang realities.
4.      Memiliki rencana kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk merealisasikan tujuannya.
5.      Memanfaatkan umpan balik (feedback) yang kongkrit dalam kegiatan kerja yang dilakukannya.
6.      Mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.

            Berdasarkan uraian diatas bahwa pegawai akan mampu mencapai prestasi kerja yang maksimal jika ia memilki motif berprestasi tinggi. Motif berprestasi yang dimiliki karyawan harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri selain dari lingkungan kerja.
            Dalam menyelesaikan pekerjaannya seorang karyawan harus bertanggung jawab menyelesaikannya sesuai target pekerjaan yang telah diberikan perusahaan kepada karyawan. Selain itu karyawan harus berani mengambil resiko, agar karyawan tidak selalu tergantung pada perusahaan dalam hal menyelesaikan pekerjaannya. Karyawan harus memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan pekerjaannya agar pekerjaan yang dihasilkan dapat memuaskan perusahaan. Karyawan memiliki rencana yang menyeluruh dan berusaha untuk merealisasikan tujuannya sehingga dari perusahaan dapat tercapai dan perusahaan akan memperoleh keuntungan.
            Apabila telah melakukan pekerjaan dengan baik maka akan adanya umpan balik dari pekerjaan tersebut sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh karyawan. Selain itu juga agar  mendapatkan prestasi yang baik maka mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan oleh perusahaan, rencana yang telah diprogramkan perusahaan dilakukan dengan baik oleh karyawan agar tujuan dari karyawan dan perusahaan dapat tercapai. Hal ini karena motif berprestasi yang ditumbuhkan dari diri sendiri akan membentuk suatu kekuatan diri dan jika situasi lingkungan kerja turut menunjang maka pencapaian prestasi kerja akan lebih mudah.

No comments

Powered by Blogger.