Tujuan Prestasi Kerja



Tujuan Prestasi Kerja
Di dalam perusahaan untuk dapat ditingkatkannya efisiensi kerja maka perusahaan tersebut harus secara kontinue mempertahankan prestasi kerja karyawannya. Adapun tujuan dari prestasi kerja menurut  Supriyanto  (1998:8) yaitu:
1.      Mengetahui keadaan keterampilan dan kemampuan setiap karyawan secara rutin.
2.      Untuk digunakan sebagai dasar perencanaan bidang personalia, khususnya penyempurnaan kondisi kerja, peningkatan mutu dan hasil kerja.
3.      Dapat digunakan sebagai dasar pengembangan dan pendayagunaan karyawan secara optimal sehingga dapat diarahkan jenjang karirnya/perencanaan karir, kenaikan pangkat atau kenaikan jabatan.


            Berdasarkan uraian diatas bahwa prestasi kerja dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan para karyawan, sehingga dapat memberikan pelatihan bagi karyawan-karyawan yang memiliki kelemahan agar menjadi lebih berpotensi.
            Dengan adanya prestasi kerja dapat mengetahui karyawan yang berpotensi agar diberi tanggung jawab yang lebih besar yang akan menaikan jabatan karyawan untuk masa yang akan datang sehingga tujuan dari pada karyawan pun dapat tercapai. Apabila telah menjadi karyawan yang berpotensi maka akan menaikan kompensasi yang seimbang antara pekerjaan  yang telah ditugaskan kepadanya.
            Adapun peninjauan prestasi menuju kepada peninjauan potensi, yang harus menjawab dua (2) pertanyaan menurut Supriyanto  (1998:8) yaitu:
1.      Apakah potensi yang dipunyai oleh seorang individu yang dapat dikembangkan dari atas tingkat tanggung jawab yang sekarang?
2.      Apa yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa dia telah memanfaatkan potensinya oleh perusahaan, manejernya dan dirinya sendiri?

            Akhirnya peninjau prestasi dan potensi ini memberikan petunjuk dalam menaikan gaji. Beberapa karyawan keberatan dengan adanya hubungan yang langsung antara peninjauan prestasi kerja dengan upah, sebab menurut mereka faktor mengalahkan uang pertimbangan perbaikan prestasi yang sebenarnya lebih penting.

No comments

Powered by Blogger.