Asas-Asas Program Pemberian Kesejahteraan
Asas-Asas Program Pemberian Kesejahteraan
Supaya pemberian kesejahteraan ini
efektif dan mencapai tujuannya, maka dalam pelaksanaannya harus memperhatikan
asas pemberian kesejahteraan. Memperhatikan asas ini penting agar pengorbanan
perusahaan yang nampak dari nilai uang yang dikeluarkan untuk pemenuhan
pemberian kesejahteraan ini, terbalas oleh karyawan dengan adanya perubahan
sikap yang positif yang mendukung kemajuan perusahaan. Pada dasarnya program
pemberian kesejahteraan ini diharapkan memberikan kontribusi kepada organisasi
paling tidak sama dengan biaya yang dikeluarkan. Milkovich (1996:11) menyatakan
bahwa “pada umumnya dalam memberikan balas jasa, setidaknya ada beberapa
kebijakan dasar yang harus dipenuhi, yaitu:
1. Internal konsisitensi, yaitu persamaan
internal, perbandingan antara pekerjaan atau tingkat keahlian dengan tingkat balas
jasa di dalam suatu orgasisasi
2. Eksternal kompetitif, yaitu menentukan
posisi karyawan dalam hal balas jasa yang diterimanya dibandingkan dengan
jumlah yang diberikan oleh perusahaan sejenis untuk tingkat pekerjaan yang
sama.
3. Sumbangan karyawan berkaitan dengan hasil
perkerjaan karyawan”.
Faktor-faktor utama yang mempengaruhi
struktur internal konsistensi yaitu antara lain seperti norma-norma sosial,
kondisi ekonomi, faktor organisasi, cara kerja, kualifikasi, dan latar belakang
tenaga kerja.
Post a Comment