Asas-Asas Program Pemberian Kesejahteraan



Asas-Asas Program Pemberian Kesejahteraan
            Supaya pemberian kesejahteraan ini efektif dan mencapai tujuannya, maka dalam pelaksanaannya harus memperhatikan asas pemberian kesejahteraan. Memperhatikan asas ini penting agar pengorbanan perusahaan yang nampak dari nilai uang yang dikeluarkan untuk pemenuhan pemberian kesejahteraan ini, terbalas oleh karyawan dengan adanya perubahan sikap yang positif yang mendukung kemajuan perusahaan. Pada dasarnya program pemberian kesejahteraan ini diharapkan memberikan kontribusi kepada organisasi paling tidak sama dengan biaya yang dikeluarkan. Milkovich (1996:11) menyatakan bahwa “pada umumnya dalam memberikan balas jasa, setidaknya ada beberapa kebijakan dasar yang harus dipenuhi, yaitu:
1.      Internal konsisitensi, yaitu persamaan internal, perbandingan antara pekerjaan atau tingkat keahlian dengan tingkat balas jasa di dalam suatu orgasisasi
2.      Eksternal kompetitif, yaitu menentukan posisi karyawan dalam hal balas jasa yang diterimanya dibandingkan dengan jumlah yang diberikan oleh perusahaan sejenis untuk tingkat pekerjaan yang sama.
3.      Sumbangan karyawan berkaitan dengan hasil perkerjaan karyawan”.

Faktor-faktor utama yang mempengaruhi struktur internal konsistensi yaitu antara lain seperti norma-norma sosial, kondisi ekonomi, faktor organisasi, cara kerja, kualifikasi, dan latar belakang tenaga kerja.

No comments

Powered by Blogger.