Loyalitas Karyawan



            Loyalitas Karyawan
Pengertian Loyalitas Karyawan
Menurut The ensiklopedia Americana (1996:378), “loyalty is devotion to a couse, whether the cause is principle, or a group of principles, or to an institution, or a cluster of on institution”. Loyalitas adalah kesetiaan kepada sesuatu, baik kepada prinsip, sekelompok prinsip, atau kepada suatu lembaga atau sekelompok lembaga.
Menurut The Ensiklopedia Britanica (1998:378) loyalitas adalah :
            “ Loyalty as a general term, signifies aperson’s devotion or sentiment of attachment to a particular object, which may be another person or group of person, an ideal, a duty or a cause”.
      (loyalitas secara umum merupakan kesetiaan seseorang atau perasaan kasih sayang pada objek penting yang dapat berupa seseorang, sekelompok orang, cita-cita, tugas atau alasan tertentu).

Menurut Zain Badudu (1994:180) “Loyalitas adalah kesetiaan dan kepatuhan yang harus ada pada atasan, kepada perusahaan tempat bekerja”. Hasibuan (2001:94) menyebutkan bahwa :
“Loyalitas sebagai salah satu unsure dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetiaan terhadap pekerjaan, jabatan, dan organisasi yang dicerminkan oleh adanya kesediaan karyawan untuk menjaga dan membela organisasi didalam atau diluar pekerjaan dari rongrongan orang yang tidak bertanggung jawab. Loyalitas menunjukan bahwa karyawan turut berpartisipasi aktif terhadap perusahaan atau korpsnya”.


Menurut Poerwopoespito (2000:58) mengemukakan bahwa:
“Loyalitas kepada pekerjaan tercermin pada sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin, serta jujur dalam bekerja, hubungan kerja yang baik dengan atasan, kerja sama yang baik dengan rekan kerja, serta bawahan dalam penyelesaian tugas, menciptakan suasana mendukung dan menyenangkan di tempat kerja, menjaga citra perusahaan, dan adanya kesediaan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang”.

Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa loyalitas karyawan dapat diartikan sebagai kesetiaan dan kepatuhan karyawan terhadap perusahaan. Loyalitas menggambarkan bagaimana seorang karyawan bersikap dan berprilaku dalam mendukung kelangsungan kinerja suatu organisasi atau suatu perusahaan dan loyalitas tersebut harus terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap terus bersikap dan berprilaku positif pada perusahaannya.
Terciptanya loyalitas menjadi harapan baik untuk perusahaan maupun karyawan. Perusahaan yang loyal akan memperlakukan karyawan tidak hanya sebagai asetnya yang paling berharga namun juga sebagai mitra kerja dalam mencapai tujuan bersama. Di sisi lain, dengan memiliki karyawan yang loyal, maka perusahaan akan mencapai efisiensi dan efektifitas sebagaimana direncanakan.
Drs. T. Djoharsjah Mx, sebagaimana yang dikutip oleh Poerwopoespito (2000:18) mengatakan bahwa :
            “A loyal and faithfull employee who have no sufficient and knowledge, may easily be trained, but a smart and clever employee who no sufficient loyalty and faith is really dangerous (seseorang karyawan yang loyal dan dapat dipercaya namun tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, akan dengan mudah dilatih, namun seseorang karyawan yang pintar dan cerdas yang tidak memiliki loyalitas dan kepercayaan yang rendah akan sangat berbahaya)”.

            Loyalitas karyawan yang diungkapkan dalam sikap mental positif dapat menjadi umpan balik bagi perusahaan untuk mengukur besarnya motivasi bekerja, kepuasan kerja, serta kepedulian karyawan sebagai mitra usaha akan kemajuan perusahaan.

No comments

Powered by Blogger.