Loyalitas Karyawan
Loyalitas
Karyawan
Pengertian Loyalitas Karyawan
Menurut
The ensiklopedia Americana (1996:378), “loyalty is devotion to a couse, whether the
cause is principle, or a group of principles, or to an institution, or a
cluster of on institution”. Loyalitas adalah kesetiaan kepada sesuatu, baik
kepada prinsip, sekelompok prinsip, atau kepada suatu lembaga atau sekelompok
lembaga.
Menurut
The Ensiklopedia Britanica (1998:378)
loyalitas adalah :
“
Loyalty as a general term, signifies aperson’s devotion or sentiment of
attachment to a particular object, which may be another person or group of
person, an ideal, a duty or a cause”.
(loyalitas
secara umum merupakan kesetiaan seseorang atau perasaan kasih sayang pada objek
penting yang dapat berupa seseorang, sekelompok orang, cita-cita, tugas atau
alasan tertentu).
Menurut
Zain Badudu (1994:180) “Loyalitas adalah kesetiaan dan kepatuhan yang harus ada
pada atasan, kepada perusahaan tempat bekerja”. Hasibuan (2001:94) menyebutkan
bahwa :
“Loyalitas
sebagai salah satu unsure dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetiaan
terhadap pekerjaan, jabatan, dan organisasi yang dicerminkan oleh adanya
kesediaan karyawan untuk menjaga dan membela organisasi didalam atau diluar
pekerjaan dari rongrongan orang yang tidak bertanggung jawab. Loyalitas
menunjukan bahwa karyawan turut berpartisipasi aktif terhadap perusahaan atau
korpsnya”.
Menurut Poerwopoespito (2000:58) mengemukakan bahwa:
“Loyalitas kepada pekerjaan
tercermin pada sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahlian yang
dimiliki, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin, serta jujur dalam
bekerja, hubungan kerja yang baik dengan atasan, kerja sama yang baik dengan
rekan kerja, serta bawahan dalam penyelesaian tugas, menciptakan suasana
mendukung dan menyenangkan di tempat kerja, menjaga citra perusahaan, dan
adanya kesediaan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang”.
Dari
beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa loyalitas karyawan
dapat diartikan sebagai kesetiaan dan kepatuhan karyawan terhadap perusahaan.
Loyalitas menggambarkan bagaimana seorang karyawan bersikap dan berprilaku
dalam mendukung kelangsungan kinerja suatu organisasi atau suatu perusahaan dan
loyalitas tersebut harus terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap
terus dikembangkan setiap hari agar karyawan tetap terus bersikap dan
berprilaku positif pada perusahaannya.
Terciptanya
loyalitas menjadi harapan baik untuk perusahaan maupun karyawan. Perusahaan
yang loyal akan memperlakukan karyawan tidak hanya sebagai asetnya yang paling
berharga namun juga sebagai mitra kerja dalam mencapai tujuan bersama. Di sisi
lain, dengan memiliki karyawan yang loyal, maka perusahaan akan mencapai
efisiensi dan efektifitas sebagaimana direncanakan.
Drs.
T. Djoharsjah Mx, sebagaimana yang dikutip oleh Poerwopoespito (2000:18)
mengatakan bahwa :
“A
loyal and faithfull employee who have no sufficient and knowledge, may easily
be trained, but a smart and clever employee who no sufficient loyalty and faith
is really dangerous (seseorang karyawan yang loyal dan dapat dipercaya
namun tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, akan dengan mudah
dilatih, namun seseorang karyawan yang pintar dan cerdas yang tidak memiliki
loyalitas dan kepercayaan yang rendah akan sangat berbahaya)”.
Loyalitas karyawan yang diungkapkan
dalam sikap mental positif dapat menjadi umpan balik bagi perusahaan untuk
mengukur besarnya motivasi bekerja, kepuasan kerja, serta kepedulian karyawan
sebagai mitra usaha akan kemajuan perusahaan.
Post a Comment