Peranan Loyalitas Karyawan
Peranan Loyalitas Karyawan
Loyalitas karyawan merupakan faktor
penting bagi perusahaan/organisasi. Menurut Siagian (1993:78) “Atas dasar
kesetiaanlah suatu organisasi mampu mencapai tujuannya, karena dengan adanya
loyalitas dari karyawannya, perusahaan dapat mencapai tingkat efisiensi tinggi
sehingga dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang kompetitif”.
Dalam
The Encyclopedia Britanica (1998:378)
dinyatakan bahwa :
“A Man without loyalty doesn’t exist. It
stirs and arouses him, brings meaning, direction, and purpose into his life and
unities his activities. At the same time loyalty has a local function. Only by
man’s willingness in cooperation with other to invest his intellectual and
moral resources generously an whole heartdly in something beyond his own narrow
circles has it been possible for communities of various kind to emege and
continue to exists among them, family and nation. Both man and community are
unthinkable without loyalty”.
“Seorang manusia
tanpa loyalitas berarti ia tidak hidup. Karena adanya loyalitas dapat
membangkitkan dan menyemangatkan dirinya, loyalitas memberi arti, arah, tujuan
hidup dan menyatukan aktifitasnya. Di waktu yang sama loyalitas mempunyai
fungsi sosial. Dengan adanya loyalitas sangat mungkin bagi manusia untuk terus
memberikan intelektual dan moralitasnya secara luas bahkan melampaui
keterbatasannya sendiri, hal ini dapat membuat manusia dapat muncul dan terus
hidup diantara komunitasnya, yaitu sesama, keluarga dan bangsanya, tetapi hal
ini tentunya bila memang benar-benar diinginkan olehnya. Baik manusia dan
komunitas mustahil tanpa loyalitas”.
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi atau perusahaan sangat
mustahil untuk terus berkembang tanpa loyalitas karyawannya. Karena bilamana
karyawannya tidak loyal, berarti karyawan tidak akan maksimal dalam memberikan
intelektual dan moralitasnya kepada perusahaan, padahal kesetiaan dan kepatuhan
karyawan akan membuat mereka bersedia untuk melakukan sesuatu demi
mempertahankan dan memajukan perusahaannya.
Prajudi
Atmosudirdjo (1982:282) mengemukakan bahwa:
“Oleh karena itu
sangatlah penting bagi setiap organisasi atau perusahaan untuk terus memupuk
loyalitas karyawannya dan loyalitas karyawan yang harus dipupuk dalam rangka
mensukseskan pelaksanaan keputusan adalah loyalitas organisasional, kesetiaan
terhadap tujuan, misi, fungsi dan tugas organisasi”.
Post a Comment