Peranan Loyalitas Karyawan



Peranan Loyalitas Karyawan
Loyalitas karyawan merupakan faktor penting bagi perusahaan/organisasi. Menurut Siagian (1993:78) “Atas dasar kesetiaanlah suatu organisasi mampu mencapai tujuannya, karena dengan adanya loyalitas dari karyawannya, perusahaan dapat mencapai tingkat efisiensi tinggi sehingga dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang kompetitif”.
Dalam The Encyclopedia Britanica (1998:378) dinyatakan bahwa :
“A Man without loyalty doesn’t exist. It stirs and arouses him, brings meaning, direction, and purpose into his life and unities his activities. At the same time loyalty has a local function. Only by man’s willingness in cooperation with other to invest his intellectual and moral resources generously an whole heartdly in something beyond his own narrow circles has it been possible for communities of various kind to emege and continue to exists among them, family and nation. Both man and community are unthinkable without loyalty”.

“Seorang manusia tanpa loyalitas berarti ia tidak hidup. Karena adanya loyalitas dapat membangkitkan dan menyemangatkan dirinya, loyalitas memberi arti, arah, tujuan hidup dan menyatukan aktifitasnya. Di waktu yang sama loyalitas mempunyai fungsi sosial. Dengan adanya loyalitas sangat mungkin bagi manusia untuk terus memberikan intelektual dan moralitasnya secara luas bahkan melampaui keterbatasannya sendiri, hal ini dapat membuat manusia dapat muncul dan terus hidup diantara komunitasnya, yaitu sesama, keluarga dan bangsanya, tetapi hal ini tentunya bila memang benar-benar diinginkan olehnya. Baik manusia dan komunitas mustahil tanpa loyalitas”.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi atau perusahaan sangat mustahil untuk terus berkembang tanpa loyalitas karyawannya. Karena bilamana karyawannya tidak loyal, berarti karyawan tidak akan maksimal dalam memberikan intelektual dan moralitasnya kepada perusahaan, padahal kesetiaan dan kepatuhan karyawan akan membuat mereka bersedia untuk melakukan sesuatu demi mempertahankan dan memajukan perusahaannya.
Prajudi Atmosudirdjo (1982:282) mengemukakan bahwa:
“Oleh karena itu sangatlah penting bagi setiap organisasi atau perusahaan untuk terus memupuk loyalitas karyawannya dan loyalitas karyawan yang harus dipupuk dalam rangka mensukseskan pelaksanaan keputusan adalah loyalitas organisasional, kesetiaan terhadap tujuan, misi, fungsi dan tugas organisasi”.

No comments

Powered by Blogger.