1. Suatu rangkaian promosi jabatan/mutasi jabatan yang lebih
tinggi dalam jenjang hierarki yang dialami seorang tenaga kerja dalam masa
dinasnya.
2. Suatu pekerjaan yang memiliki gambaran/pola pengembangan
yang jelas dan sistematis.
3. Suatu sejarah jabatan dari seseorang.
4. Suatu rangkaian pekerjaan/posisi yang pernah dipegang oleh
seseorang selama masa kerjanya.
Karier dalam suatu perusahaan ditandai dengan adanya :
1. Kemajuan seseorang dalam suatu lapangan kerja yang
diperolehnya selama orang tersebut bekerja.
2. Kemajuan tersebut memerlukan kemampuan, keahlian,
pengalaman, dan tanggung jawab yang tinggi.
3. Di dalam kemajuan tersebut terdapat unsur-unsur cita dan
kepuasan yang menimbulkan ketentraman, kesinambungan, dan arti dalam hidup
seseorang.
Perencanaan Karier
Karier bisa diibaratkan dengan
pelangi, yang merupakan simbol keindahan, harapan, dan pencapaian cita-cita.
Tapi cukup banyak karyawan yang melupakan keindahannya. Mereka membiarkan
kariernya tidak tertata dan berhenti di satu titik, kemudian baru menyadari
setelah para yunior mereka telah melangkah ke jenjang kariernya, atau setelah
mereka merasa jenuh pada pekerjaan itu. Karier harus ditata dengan
sebaik-baiknya. Setiap karyawan harus mempunyai rencana karier. Rencana karier merupakan sebuah acuan yang dibuat untuk menentukan bidang pekerjaan apa yang diinginkan, termasuk didalamnya adalah posisi yang diharapkan, upaya-upaya yang harus dilakukan, hingga jangka waktu yang ditargetkan untuk mencapainya.
sebaik-baiknya. Setiap karyawan harus mempunyai rencana karier. Rencana karier merupakan sebuah acuan yang dibuat untuk menentukan bidang pekerjaan apa yang diinginkan, termasuk didalamnya adalah posisi yang diharapkan, upaya-upaya yang harus dilakukan, hingga jangka waktu yang ditargetkan untuk mencapainya.
Dari pengertian tersebut berarti bahwa perencanaan karier
harus didahului dengan penyusunan prasyarat-prasyarat yang harus dimiliki oleh
seorang karyawan guna mendukung peningkatan kariernya. Prasyarat-prasyarat
tersebut sifatnya saling mendukung. Setiap peningkatan karier seseorang,
didukung oleh kriteria yang sudah ditetapkan sesuai prestasi, bobot tugas,
jabatan, efisiensi, produktivitas kerja, dan lain-lain.
Perencanaan karier akan memudahkan
pemenuhan kebutuhan karier karyawan, memudahkan perusahaan dalam menyusun
tenaga kerja intern organisasi, mengurangi biaya pengadaan tenaga kerja dari
luar serta memungkinkan organisasi mengembangkan dan juga menempatkan karyawan
dalam jabatan yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan tujuan kerjanya. Bila
seorang karyawan tidak mempunyai rencana karier pribadi, maka ia akan bekerja
untuk rencana karier orang lain. Ia akan merasa tidak mendapatkan apa-apa dalam
beberapa tahun kedepan, atau hanya mendapat sedikit saja dari pekerjaannya. Hal
seperti ini hanya akan membuang-buang masa-masa berharga dan potensi dalam diri
seseorang.
Ada beberapa alasan mengapa karier harus direncanakan atau
ditata, yaitu agar seorang karyawan :
1. Lebih menghargai dirinya sendiri
2. Lebih menikmati pekerjaannya
3. Mampu memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya
4. Mampu meraih prestasi yang lebih tinggi
5. Merasa percaya diri
Post a Comment