Bauran Komunikasi (Comunication mix)
Bauran Komunikasi (Comunication mix)
Menurut Levy dan Weitz (2007:427) bahwa :
“Langkah
selanjutnya dalam proses pembuatan keputusan manajemen eceran adalah
mengimplementasikan program konunikasi untuk membangun brand images dan menarik konsumen untuk mengunjungi toko, serta
memberikan dukungan kepada para konsumen untuk melakukan pembelian barang
dagangan”.
Program
komunikasi menginformasikan kepada konsumen tentang penjual eceran mengenai
barang dagangan yang ditawarkan dan memegang peranan penting dalam rangka untuk
meningkatkan kunjungan yang berkelanjutan dan kesetiaan konsumen.
Metode
komunikasi dengan konsumen menurut Levy dan Weitz (2007:432) sebagai berikut :
a. Komunikasi
non personal
1.
Periklanan
Suatu bentuk komunikasi kepada konsumen
dengan menggunakan media massa seperti koran, tv, radio, email, ninternet.
2.
Promosi penjualan
Menawarkan nilai lebih dan intensif kepada
konsumen untuk mengunjungi toko atau membeli barang dagangan selama suatu
periode tertentu.
b . Komunikasi
personal
Penjualan
eceran kepada individu adalah cara yang sangat dasar untuk menyediakan
komunikasi personal kepada konsumen. Personal
selling adalah sebuah proses komunikasi dimana pelaku penjualan atau toko
membantu konsumen untuk memuaskan kebutuhan mereka melalui pertukaran informasi
secara tatap muka.
Menurut
Basu Swastha (2000:237) bahwa “Promosi adalah arus komunikasi atau persuasi
satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada
tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran”.
Dengan
kata lain promosi merupakan komponen yang digunakan untuk memberi informasi
kepada pasar dan mempersuasinya untuk membeli produk yang dihasilkan
perusahaan. Definisi tersebut menjelaskan bahwa promosi merupakan alat yang
mampu mencapai konsumen dan promosi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan
bidang kegiatan seperti periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan
publisitas.
Post a Comment