Pengertian Event Marketing
sebuah event bias berupa apa
saja, seperti dari pertemuan kecil sampai konfrensi besar, mulai dari grand
opening maupun sampai pencarian dana. Ragamnya hampir tidak terbatas dan
setiap event berbeda dengan event yang lainnya.
Definisi event marketing menurut
Shimp Terrence (1993:660) adalah “A form of brand promotion that ties a
brand to a meaningful cultural, social, athletics or other type of high
interest public activity”. Daridefinisi tersebut diatas, event marketing
adalah suatu bentuk promosi merk yang mengikat suatu merk dengan kegiatan
kebudayaan, sosial, atletik atau tipe kegiatan lainnya yang mengundang tingkat
ketertarikan publik yang tinggi.
Inti
dari kegiatan event marketing adalah komunikasi langsung dilapangna yang harus
dimanfaatkan semaksimal mungkin terhadap segmenyang dibidik,yang merupakan
target kelompok yang diharapkan. Aktifitas event marketing dikatan berhasil
apabila menerapkan suatu konsep yang kreatif, menarik, orisinil dengan hasil
yang mulus dan lancar sesuai dengan perencanaan awal yang secara nyata
mendatangkan target kelompok sesuai dengan jumlah yang diharapkan.
Menurut
Shreiber (1994:101-122) mengatakan bahwa ada 7 prosedur yabg harus dilakukan
bila kita ingin membuat suatu event marketing yang baik, yaitu :
1. Penentuan
tujuan Event Marketing
menenrukan
tujuan merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan
didalam membuat suatu event marketing. Hal ini penting sebagai dasar dari suatu
program event marketing perusahaan serta memudahkan perusahaan untuk mengukur
keberhasilan event tersebut. Tujuan dari suatu event haruslah lebih spesifik
dari suatu event marketing. Adanya batas waktu pelaksanaan sehingga perusahaan
dapat memonitor kemajuan dari pelaksana event tersebut.
2. Jenis Event
Marketing
jenis
dari aktifitas event marketing sangatlah beragam dan formatnya tidak terbetas,
yang harusnya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Secara umum jenis
dari event marketing menurut Shreiber (1994:79-90) diantaranya adalah :
- Consumer Gathering
Consumer atau prospect dari
suatu brand atau produk dikumpulkan satu atau lebih ktifitas menarik yang
diadakan berupa show atau concert (pertunjukan musik, tari dan sebagainya),
contest atau games yang melibatkan audince, kegiatan bazaar dan lain-lain.
Aplikasi dari jenis ini sangat luas dengan kreatifitas format yang tidak
terbatas, berdasarkan skala event dapat melibatkan ratusan hingga puluhan ribu
audience atau penonton. Berkumpulnya penonton yang dimanfaatkan untuk berbagai
komunikasi brand atau produk.
- Exhibition
Yaitu
pameran dari suatu brand atau produk dipusat keramaian atau exhibition mall
yang dilakukan secara tunggal atau bersama-sama dengan brand lain dalam suatu trade
fair.
- Grand Opening
Yaitu peresmian dibukanya
suatu tempat baru misalnya pabrik, mall, gedung perkantoran, outlet penjualan
atau took, café atau tempat makan dan lain-lain.
- Marketing Gathering
Yaitupresentasi brand atau
produk kepada distribusi untuk memperoleh dukungan distribusi produk.
Seringkali acara dipadukan dengan gala dinner serta sajian entertainment.
- Press Conference
Yaitu konfrensi pers untuk
mengkomunikasikan aktifitas dari brand atau produk atau momentum yang lainnya.
- Seminar
Seminar biasanya dilakukan
untuk memperoleh pengakuan dari publik terhadap suatu brand atau produk, bahwa
brand atau produk tersebut ahli dibidangnya.
- Education Program
Yaitu program sdukasi
keliling yang dilakukan disekolahatau perkumpulan untuk mempereat hubungan
dengan konsumen dan menarik simpati publik.
- Anniversary Event
Yaitu perayaan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk menunjukan kredibilitas perusahaan dimata
masyarakat.
3.
Venue atau tempat yang tepat
Auatu
venue atau lokasi yang akan dipilih sebagai tempat berlangsungnya aktifitas
event marketing pemilihannya dilakukan berdasarkan berbagai pertimbangan,
diantaranya :
·
Lokasi yangstrategis dan mudah dijangkau.
Seringkali lokasi telah memiliki captive audience merupakan
keuntunganyang harus dimanfaatkan, contohnya aktifitas yang dilakukan di mall
mempunyai potensi sangat baik karena lokasi tersebut telah memiliki pengujung
tetap dari segmen tertentu.
·
Fasilitas penunjang dalam hal ini jenis event
yang berbeda membutuhkan fasilitas penunjang yang berbeda dari venue atau
lokasi yang harus dipenuhi, contohnya sebuah pameran di mall membutuhkan area
yang luas untuk membangun stand-stand
·
Lifestyle dari terget audience yaitu
jumlah audience yang menghadiri suatu event merupakan salah satu parameter
utama untuk mengukur kesuksesan event marketing. Oleh karena itu pemilihan
venue harus mempertimbangkan apakah venue yang dipilih cukup representatif dan
bias didatangi oleh target audience yang diinginkan.
4. Fokus target
Audience atau penonton
yaitu
menentukan target audience atau penonton yang ingin dituju serta ingin dicapai
olehperusahaan. Ada beberapa factor yang dapat dipertimbangkan didalam
pencapaian target audience ini yaitu :
1.
Siapa sebenarnya pengguna produk perusahaan?
Perusahaan harus mampu untuk dapat memfokuskan
ataumenargetkan produknya kepada konsumenatau pengguna rokok. Hal ini
dimaksudkan agar perusahaan dapat lebih menarik konsumen yang ingin dituju.
2.
Bagaimana kondisi demographics dan phsycographics?
Kondisi
dari konsumen atau pengguna rokok harus dapat diketahui oleh perusahaan, karena
untuk dapat menetapkan harga yang tepat dipasarkan perusahaan harus melihat
dulu keadaan penduduk sekitar.
3.
Apa yang membuat mereka memilih produk atau jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan?
Perusahaan
harus mampu untuk dapat lebih variatif dalam menjual dan mempromosikan
produknya karena dengan promosi yang baik dan terarah akan mengakibatkan
konsumen atau pengguna rokok dapat memilih rokok yang mereka inginkan
4.
Apa dasar mereka didalam membuat keputusan pembelian?
Sebelum melakukan pembelian, konsumen terlebih
dahulu menilai produk yang diinginkannya karena apabila produk tersebut
dianggap kurang baik an kurang menarik minatnya untuk membeli maka konsumen
akan memilih produk yang lain yang mereka anggap lebih baik. Jadi dalam hal ini
perusahaan harus lebih mampu untuk dapat menciptakan produk yang inovatif
sehingga dapatmenarik minat konsumen untuk membeli produk rokok yang diproduksi
perusahaan.
5.
Siapa yang mempengaruhi keputusan pembelian?
Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi konsumen dalam
melakukan pembelian antara lain yaitu adanya produk pesaing yang dianggap lebih
baik dikarenakan promosi yang dilakukan oleh produk pesaing tersebut lebih
gencar disbanding produk perusahaan sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk
melakukan pembelian.
6.
Siapa Perantara mereka?
Perusahaan
harus mempunyai perantara dalam menarik atau mentargetkan penjualan rokok
seperti adanya pedagang pengecer atau dengan melibatkan SPG (Sales Promotion
Girls) yang dimaksudkan agar dapat lebih mendekatkan dan lebih mengenalkan
produk perusahaan kepada konsumen.
7.
Apakah factor komunitas memainkan peranan?
Komunitas
dalam hal ini sangat berperan penting karena dengan adanya komunitas ini dapat
lebih mengenalkan produk perusahaan dimata masyarakat atau pengguna rokok.
5. Program Event
Marketing
Program
yang menarik tentunya akan dapat menarik audience yang diharapkan oleh
perusahaan, sehingga ada beberapa factor yang harus dipertimbangkan,
diantaranya :
·
Membuat format yang tepat dengan menawarkan
konsep yang kreatif dan orisinil atau sesuai dengan brand image dan brand
personality, yang diminati oleh sebagian besar target audience disesauaikan
dengan selera dan status sosial ekonominya sehingga mereka tertarik untuk
dating dan berpartisipasi langsungdalam aktifitas event marketing.
·
Penawaran yang tepat sehingga kreatifitas yang
diantaranya berorientasi pada sales Promotion, target audience diharapkan dapat memperoleh
benefit langsungyang merangsang mereka untuk dating, misalnya dengan menawarkan
potongan harga, pemberian hadiah atau program hiburan yang berkualitas.
·
Publikasi dan liputan yang tepat dapat membantu
meningkatkanbrand awareness dengan menjangkau mereka yang tidak hadir langsung pada aktifitas event
marketing.
6. Waktu Event
Marketing
pemilihan waktu juga sangat penting,
berhubungan dengan situasi dan kondisi lingkungan yang ada serta dengan
aktifitas target audience yang diharapkan sehingga memungkinkan mereka untuk
hadir, serta berhubungan jugadengan program waktu pelaksanaan event secara
pasti dan mendetail dimulai dari program perencanaan sebelum acara dimulai,
selam pelaksanaan serta setelah pelaksanaan aktifitas-aktifitas lainnya yang
mendukung event ini semuanya membutuhkan waktu. Waktu pelaksanaan eventjuga
memegang peranan sangat penting karena dengan penetapan waktu yang tepat dari
pelaksanaan event tersebut. Jika event diadakan bertepatan dengan situasi yang
tidak membaik seperti saat pelaksanaan kampanye pemilu maka event tersebut
belum tentu dapat berjalan dengan baik dan mungkin juga tidak akan mendapat
izin dari aparat keamanan karena dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak
diinginkan.
7. Budget Event
Marketing
bagian ini
merupakan salah satu kunci didalam pengambilan keputusan. Pertimbangan anggaran
yang sesuai hingga aktifitas yang dilaksanakan efektif, karena hal ini
menyangkut skala aktifitas yang dapat dilaksanakan dengan Cost per
contact yang efisien serta mencapai target audience, perkiraan biaya dari
supplier, lokasi event, spokesperson dan lainnya. Jika budget yang diinginkan
untuk pelaksanaan event tidak sesuai, maka dalam pelaksanaan event tersebut
juga tidak akan dapat dilakukan dengan maksima, hal ini dapat menyebabkan
penonton merasa kecewa dan kurang puas.
Post a Comment