Pengertian Brand Equity




            Definisi dari brand equity menurut Aaker (1991:7) adalah “Brand equity isa set of assets (and Liabilities) linked to a brandname and symbol, that adds to (or subtract from) the value provived by a product or servise to a form and or to that firm’s costumers” yaitu Brand Equity merupakan kumpulan dari sifat-sifat ataukomponen-komponen yang berhubungan dengan nama dari suatu merk dan symbol yang menambah nilai atau kegunaan yangdiberikan oleh produk atau jasa dari perusahaan dan atau dari konsumen perusahaan.
            Adapun komponen-komponen utama dari brand equity menurut Aaker (1996:8) adalah :
1.   Brand Awareness   
Berkaitan erat dengan kekuatan dari suatu brand didalam pikiran atau ingatan konsumen.
2.   Brand Loyality
Berkaitan dengan kesetiaan konsumen terhadap suatu merk tertentu. Biasanya jika konsumen sudah setia terhadap suatu merk tertentu, mereka akan susah untuk berpindah atau mencoba suatu merk tertentu lainnya
3.   Perceived Quality
Merupakan kualitas dari suatu merk produk yang dipersepsikan atau diharapkan oleh konsumen. Kualitas yang diharapkan oleh konsumen dari suatu merk biasanya adalah kualitas unggul.



      4.   Brand Association
Merupakan asosiasi yang tercipta didalam pikiran konsumen mengenai suatu brand. Biasanya asosiasi ini tercipta melalui packaging produk, bintang iklan yang digunakan maupun symbol yang digunakan.

No comments

Powered by Blogger.