Pengertian Brand Equity
Definisi dari brand equity menurut
Aaker (1991:7) adalah “Brand equity isa set of assets (and Liabilities)
linked to a brandname and symbol, that adds to (or subtract from) the value
provived by a product or servise to a form and or to that firm’s costumers” yaitu
Brand Equity merupakan kumpulan dari sifat-sifat ataukomponen-komponen
yang berhubungan dengan nama dari suatu merk dan symbol yang menambah nilai
atau kegunaan yangdiberikan oleh produk atau jasa dari perusahaan dan atau dari
konsumen perusahaan.
Adapun komponen-komponen utama dari
brand equity menurut Aaker (1996:8) adalah :
1. Brand Awareness
Berkaitan erat dengan
kekuatan dari suatu brand didalam pikiran atau ingatan konsumen.
2. Brand Loyality
Berkaitan dengan kesetiaan
konsumen terhadap suatu merk tertentu. Biasanya jika konsumen sudah setia
terhadap suatu merk tertentu, mereka akan susah untuk berpindah atau mencoba
suatu merk tertentu lainnya
3. Perceived Quality
Merupakan kualitas dari
suatu merk produk yang dipersepsikan atau diharapkan oleh konsumen. Kualitas
yang diharapkan oleh konsumen dari suatu merk biasanya adalah kualitas unggul.
4. Brand Association
Merupakan asosiasi yang
tercipta didalam pikiran konsumen mengenai suatu brand. Biasanya asosiasi ini
tercipta melalui packaging produk, bintang iklan yang digunakan maupun symbol
yang digunakan.
Post a Comment