Pemasaran
Pemasaran
Secara umum pemasaran mencakup
aktivitas-aktivitas yang sangat luas seperti aktivitas penjualan, penelitian
pemasaran, merencanakan saluran distribusi, merencanakan kebijakan harga,
kebijakan promosi dan lain-lain dimana aktivitas ini ditunjukan untuk dapat
mengindentifikasi keinginan konsumen pasar sasaranya. Lalu bagaimana memuaskan
mereka secara lebih efektif dan efesien dibandingkan dengan pesaingnya.
Dibawah ini dijelaskan pengertian
pemasaran dari beberapa ahli, diantaranya adalah :
Menurut Philip Kotler (2000:9) :
“Marketing is a societal process by which
individuals and groups obtain what they need and want through creating,
offering, and freely exchanging products and services of value with others”
Menurut Magnard dan Beckman yang dikutip oleh Buchari Alma (2000:1)
“ Pemasaran berarti segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa
dari sektor produksi ke sektor konsumsi “.
Berdasarkan uraian dari kedua definisi
diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan suatu hubungan dari
kegiatan yang diarahkan untuk menciptakan pertukaran serta memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia serta untuk mencapai penjualan barang dan jasa serta
lebih efektif yang berpandangan lebih jauh ke depan untuk menentukan berbagai
kebutuhan dan keinginan dari masyarakat, konsumen serta mengusahakan agar
barang dan jasa yang dikeluarkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut
dengan tanpa melupakan faktor lingkungan baik berasal dari luar maupun dari
dalam perusahaan.
Post a Comment