Pemasaran


Secara umum pemasaran mencakup aktivitas-aktivitas yang sangat luas seperti aktivitas penjualan, penelitian pemasaran, merencanakan saluran distribusi, merencanakan kebijakan harga, kebijakan promosi dan lain-lain dimana aktivitas ini ditunjukan untuk dapat mengindentifikasi keinginan konsumen pasar sasaranya. Lalu bagaimana memuaskan mereka secara lebih efektif dan efesien dibandingkan dengan pesaingnya.
Dibawah ini dijelaskan pengertian pemasaran dari beberapa ahli, diantaranya adalah :
Menurut Philip Kotler (2000:9) :
“Marketing is a societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering, and freely exchanging products and services of value with others”
Menurut Magnard dan Beckman yang dikutip oleh Buchari Alma (2000:1) 
“ Pemasaran berarti segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi “.
Berdasarkan uraian dari kedua definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan suatu hubungan dari kegiatan yang diarahkan untuk menciptakan pertukaran serta memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia serta untuk mencapai penjualan barang dan jasa serta lebih efektif yang berpandangan lebih jauh ke depan untuk menentukan berbagai kebutuhan dan keinginan dari masyarakat, konsumen serta mengusahakan agar barang dan jasa yang dikeluarkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut dengan tanpa melupakan faktor lingkungan baik berasal dari luar maupun dari dalam perusahaan.

No comments

Powered by Blogger.