Manajemen
Pengertian Pemasaran
Dalam
kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari kegiatan pemasaran (marketing) karena pemasaran merupakan
bagian dari kehidupan manusia yang turut berkembang bersama manusia itu
sendiri.
Pemasaran
merupakan sebuah faktor penting dalam siklus yang bermula dan berakhir dengan
kebutuhan konsumen.
Kegiatan
pemasaran sering disalahartikan dengan kegiatan penjualan dan promosi.
Penjualan dan promosi merupakan salah satu dari fungsi pemasaran.
Definisi
marketing atau pemasaran mennurut Philip
Kotler (1996 : 6) adalah:
"Marketing is a social and managerial
process by which individuals and groups obtain what they need and want through
creating, offering and exchanging product of value with others”.
Sedangkan menurut William
J. Stanton yang dialih bahasakan
oleh Drs. Basu Swastha DH. Dan Drs. Irawan (1997 : 5) adalah:
“Pemasaran (marketing) adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan
baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli potensial”.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka
penulis berusaha menyimpulkan arti dari pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran
adalah suatu usaha yang dilakukan individu maupun kelompok untuk menentukan
kebutuhan dan keinginan konsumen atau masyarakat. Usaha manusia dalam memuaskan
kebutuhan, salah satunya adalah proses pertukaran. Menurut Philip Kotler (1997 : 11), proses pertukaran tersebut membutuhkan syarat-syarat, yaitu:
kebutuhan, salah satunya adalah proses pertukaran. Menurut Philip Kotler (1997 : 11), proses pertukaran tersebut membutuhkan syarat-syarat, yaitu:
·
Terdapat sedikitnya dua pihak .
·
Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin
bernilai bagi pihak lain.
·
Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan
menyampaikan pesan.
·
Masing-masing bebas menerima atau menolak penawaran.
·
Masing-masing percaya bahwa memang tepat atau
diperlukan untuk berhubungan dengan pihak lain.
Dengan
demikian maka dapat dikatakan bahwa inti dari pemasaran adalah suatu proses
yang memberikan jawaban atas kebutuhan dan keinginan seseorang. Maka dengan
begitu hampir semua orang baik secara langsung maupun tidak langsung ikut
berkecimpung dalam pemasaran, ini disebabkan karena mereka sama-sama mempunyai
keinginan dan kebutuhan yang harus dipuaskan.
Post a Comment