Pengertian Pemasaran


Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari kegiatan pemasaran (marketing) karena pemasaran merupakan bagian dari kehidupan manusia yang turut berkembang bersama manusia itu sendiri.
Pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen.
Kegiatan pemasaran sering disalahartikan dengan kegiatan penjualan dan promosi. Penjualan dan promosi merupakan salah satu dari fungsi pemasaran.
Definisi marketing atau pemasaran mennurut Philip Kotler (1996 : 6) adalah:
"Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and exchanging product of value with others”.
Sedangkan  menurut William J. Stanton  yang dialih bahasakan oleh Drs. Basu Swastha DH.  Dan  Drs. Irawan (1997 : 5) adalah:
“Pemasaran (marketing) adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli potensial”.



Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka penulis berusaha menyimpulkan arti dari pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran adalah suatu usaha yang dilakukan individu maupun kelompok untuk menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen atau masyarakat. Usaha manusia dalam memuaskan
kebutuhan, salah satunya adalah proses pertukaran. Menurut Philip Kotler (1997 : 11), proses pertukaran tersebut membutuhkan syarat-syarat, yaitu:
·        Terdapat sedikitnya dua pihak .
·        Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin bernilai bagi pihak lain.
·        Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyampaikan pesan.
·        Masing-masing bebas menerima atau menolak penawaran.
·        Masing-masing percaya bahwa memang tepat atau diperlukan untuk berhubungan dengan pihak lain.
Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa inti dari pemasaran adalah suatu proses yang memberikan jawaban atas kebutuhan dan keinginan seseorang. Maka dengan begitu hampir semua orang baik secara langsung maupun tidak langsung ikut berkecimpung dalam pemasaran, ini disebabkan karena mereka sama-sama mempunyai keinginan dan kebutuhan yang harus dipuaskan.

No comments

Powered by Blogger.