Pengertian Anggaran


Pengertian Anggaran
Anggaran sangat diperlukan oleh perusahaan karena merupakan suatu alat perencanaan dan pengendalian.
Definisi anggaran menurut Munandar (1990,9) adalah sebagai berikut :
“Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku
untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang”.

Sedangkan Matz, dkk mengemukakan pengertian anggaran sebagai berikut:
“The budget is the written expression of management’s plans for the future”.
Dari kedua definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa anggaran adalah suatu perencanaan tertulis, yang dinyatakan dalam bentuk angka, mengenai kegiatan manajemen dalam periode waktu tertentu (biasanya 1 tahun).
Elemen terpenting dalam menyusun suatu anggaran adalah ramalan penjualan yang realistis. Hal ini dikemukakan oleh Horngren (1996,159), sebagai berikut :
“One of most important elements in a budgetary control system is a realistic forecast that based on analysis of past sales and present market”

Peramalan penjualan akan berubah fungsi menjadi anggaran penjualan bilamana manajemen memasukkan unsur-unsur pertimbangan.
Tujuan dasaar anggaran penjualan adalah untuk mencari jalan yang paling menguntungkan, malalui usaha mana perusahaan dapat diarahkan dalam memenuhi tujuan pelayanan utamanya. Tujuan lainnya yaitu untuk membantu manajemen dalam membawa perusahaannya sedekat mungkin dengan arah atau jalan yang telah digambarkan.
Manfaat dari pembuatan anggaran terdapat dalam 3 bidang utama kegiatan perusahaan, yaitu :
1.      Secara langsung dalam perencanaan (planning)
2.      Dalam koordinasi(coordination)
3.      Dalam bidang pengendalian (control)
Perencanaan penjualan melibatkan manajemen puncak dan eksekutif penjualan. Perencanaan penjualan harus diiikuti dengan langkah penting untuk meraih jumlah penjualan dan biaya yang tercantum dalam rencana penjualan.

No comments

Powered by Blogger.