Pengertian
Anggaran
Anggaran
sangat diperlukan oleh perusahaan karena merupakan suatu alat perencanaan dan
pengendalian.
Definisi
anggaran menurut Munandar (1990,9) adalah sebagai berikut :
“Anggaran
adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh
kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku
untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang”.
untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang”.
Sedangkan Matz, dkk mengemukakan pengertian anggaran sebagai berikut:
“The budget is the written expression of management’s
plans for the future”.
Dari
kedua definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa anggaran adalah suatu
perencanaan tertulis, yang dinyatakan dalam bentuk angka, mengenai kegiatan
manajemen dalam periode waktu tertentu (biasanya 1 tahun).
Elemen
terpenting dalam menyusun suatu anggaran adalah ramalan penjualan yang
realistis. Hal ini dikemukakan oleh Horngren (1996,159), sebagai berikut :
“One of most important elements in a budgetary control
system is a realistic forecast that based on analysis of past sales and present
market”
Peramalan
penjualan akan berubah fungsi menjadi anggaran penjualan bilamana manajemen
memasukkan unsur-unsur pertimbangan.
Tujuan
dasaar anggaran penjualan adalah untuk mencari jalan yang paling menguntungkan,
malalui usaha mana perusahaan dapat diarahkan dalam memenuhi tujuan pelayanan
utamanya. Tujuan lainnya yaitu untuk membantu manajemen dalam membawa perusahaannya
sedekat mungkin dengan arah atau jalan yang telah digambarkan.
Manfaat
dari pembuatan anggaran terdapat dalam 3 bidang utama kegiatan perusahaan,
yaitu :
1.
Secara langsung dalam perencanaan (planning)
2.
Dalam koordinasi(coordination)
3.
Dalam bidang pengendalian (control)
Perencanaan penjualan melibatkan manajemen puncak dan eksekutif
penjualan. Perencanaan penjualan harus diiikuti dengan langkah penting untuk
meraih jumlah penjualan dan biaya yang tercantum dalam rencana penjualan.
Post a Comment