Manajemen
Penggolongan Biaya Pemasaran
Penggolongan Biaya Pemasaran
Menurut Mulyadi (1993,530),
biaya pemasaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
1.
Biaya untuk mendapatkan pesanan (order-getting cost),
yaitu semua biaya yang terjadi dalam usaha memperoleh pesanan. Contoh biaya
yang termasuk golongan ini antara lain : biaya gaji wiraniaga (sales person),
komisi penjualan, advertensi, dan promosi.
2.
Biaya untuk memenuhi pesanan (order-filling cost),
yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar produk sampai ke
tangan pembeli termasuk juga biaya-biaya untuk menagih piutang dari pembeli. Contoh
biaya yang termasuk golongan ini adalah : biaya pergudangan, biaya pembungkusan
dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.
Biaya pemasaran dapat juga
digolongkan menurut fungsi atau kegiatan pemasaran. Ini merupakan langkah awal dalam pengendalian biaya-biaya pemasaran, yaitu dengan mengelompokkan biaya-biaya tersebut menurut fungsi atau kegiatannya sebagai berikut :
digolongkan menurut fungsi atau kegiatan pemasaran. Ini merupakan langkah awal dalam pengendalian biaya-biaya pemasaran, yaitu dengan mengelompokkan biaya-biaya tersebut menurut fungsi atau kegiatannya sebagai berikut :
1.
Fungsi Penjualan, adalah biaya-biaya yang berhubungan
dengan penjualan suatu produk dari produsen ke konsumen. Contoh biaya ini
adalah : gaji karyawan fungsi penjualan, bonus, komisi dan biaya perjalanan.
2.
Fungsi Promosi, adalah biaya-biaya yang berhubungan
dengan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan. Contoh biaya ini adalah :
gaji karyawan fungsi promosi, biaya iklan (biaya brosur, pameran, hadiah),
biaya demo dan biaya contoh barang.
3.
Fungsi Pergudangan, adalah biaya-biaya yang berhubungan
dengan penyimpanan produk jadi sebelum produk tersebut sampai ke tangan
konsumen. Contoh biaya ini adalah : biaya gaji karyawan fungsi pergudangan,
biaya pemeliharaan gudang dan biaya sewa gudang.
4.
Fungsi Pembungkusan dan Pengiriman, adalah biaya-biaya
yang berhubungan dengan pembungkusan produk jadi dan pengiriman produk ke
tangan konsumen. Contoh biaya ini adalah : gaji karyawan fungsi pembungkusan
dan pengiriman, biaya bahan pembungkus, dan biaya pengangkutan.
5.
Biaya Akuntansi Pemasaran, adalah biaya-biaya yang
berhubungan dengan pencatatan administrasi pemasaran. Contoh biaya ini adalah :
gaji karyawan fungsi Akuntansi pemasaran dan biaya kantor.
Post a Comment