Pengertian Pengembangan Karir



Pengertian Pengembangan Karir
Ada banyak pengertian karir yang dikemukakan oleh para ahli manajemen sumber daya manusia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
            Edwin B.Flippo menyatakan bahwa:
“Karir adalah suatu rangkaian kegiatan kerja yang terpisah, yang memberikan kesinambungan, ketentraman dan arti dalam hidup seseorang. Karir disadari secara individual dan dibatasi secara sosial, manusia tidak hanya menciptakan karir dari pengalaman-pengalaman khusus mereka tetapi kesempatan-kesempatan karir yang diberikan dalam masyarakat juga mempengaruhi dan membentuk manusia.” (1998:271)

             Menurut T. Hani Handoko pengertian karir adalah:
“Karir merupakan suatu rangkaian promosi atau transfer kearah pekerjaan-pekerjaan yang lebih memerlukan tanggung jawab yang besar atau kearah posisi yang lebih baik dalam hierarki kerja ataupun diluar hierarki selama dalam masa kerja seseorang. Karir merupakan pekerjaan yang memiliki pola perkembangan sestematis dan jelas.Karir merupakan sejarah seseorang.” (1992:121)

Pengertian karir menurut Bambang Wahyudi adalah:
“Sebagai suatu rangkaian promosi jabatan atau mutasi ke jabatan yang lebih tinggi dalam jenjang hirarki yang dialami seorang tenaga kerja selama masa dinasnya. Karir juga diartikan sebagai suatu pekerjaan yang memiliki gambaran atau pola pengembangan yang jelas dan sistematis, juga sebagai suatu sejarah jabatan dari seseorang yang merupakan rangkaian pekerjaan atau posisi yang pernah dipegang oleh seseorang selama masa kerjanya.” (1991:156)

Dari definisi-definisi diatas dapat dilihat bahwa pengembangan karir merupakan suatu kebutuhan yang terus dikembangkan dalam diri seorang tenaga kerja dalam artian menuju jenjang jabatan yang lebih tinggi dimana karier tersebut dapat dilihat dari sudut individu maupun dari sudut organisasi. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemampuan yang merupakan bekal bagi peningkatan karier mereka selanjutnya, sehingga organisasi dan para karyawannya dapat berkembang secara maksimal.
Secara umum proses pengembangan karier dimulai dari perencanaan karier yang baik yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan. Jika tidak, maka perkembangan karier karyawan tidak akan menghasilkan tujuan yang baik dan realitis.

No comments

Powered by Blogger.