Pengertian Prestasi Kerja



Pengertian Prestasi Kerja
            Kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat tergantung pada prestasi kerja karyawannya, karena karyawan merupakan unsur perusahaan terpenting yang harus mendapatkan perhatian. Pencapaian tujuan daripada organisasi akan sangat dipengaruhi oleh kualitas dari pada karyawannya.
            Apabila karyawan yang ada dalam perusahaan banyak yang berkualitas sehingga suplai internal dapat terjamin tidak perlu lagi untuk merekut karyawan berasal dari luar yang akan mengakibatkan biaya kepegawaian yang semakin besar. Maka perusahaan harus mempunyai program-program yang diikuti dengan pendidikan dan pelatihan bagi karyawan agar karyawan mampu untuk melaksanakan program-program perusahaan yang akan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan.
            Prestasi kerja karyawan akan mempengaruhi kelangsungan hidup karyawan karena karyawan yang memiliki prestasi baik maka ia akan mendapatkan kompensasi dan jabatan yang lebih tinggi dalam perusahaan, begitu juga dengan sebaliknya.
            Ada beberapa pengertian mengenai prestasi kerja menurut para ahli, namun pada dasarnya beberapa pendapat tersebut mempunyai maksud yang sama. Menurut A. A Anwar Prabu Mangkunegara (2001:67) ”prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.”
            Dari definisi di atas menjelaskan bahwa seorang karyawan dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya agar dapat ikut membantu meningkatkan kinerja perusahaan dengan memperhatikan mutu kerja yang baik dan kuantitas yang disesuaikan dengan target yang harus dicapai. Menurut Malayu S. P Hasibuan ( 2000:105) prestasi kerja adalah ”suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.”
            Dari definisi di atas menjelaskan bahwa prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang yang dapat dinilai perkembangannya melalui evaluasi yang sistematis oleh pihak-pihak yang berwenang melakukannya, seorang pegawai yang berprestasi baik akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

No comments

Powered by Blogger.