Daya Tarik Kuantitas
Daya tarik kuantitas mengacu pada frekuensi dan jumlah dalam jumlah
penyampaian pesan. Frekuensi merupakan tingkat kekerapan munculnya iklan dalam
sebuah media, baik pada media elektronik maupun cetak. Jumlah mengacu pada
banyaknya iklan yang diproduksi dan ditempatkan diberbagai tempat atau media
penyampaiannya. Sedangkan durasi mengacu pada ukuran lamanya iklan yang ditampilkan
di salah satu media tertentu atau lamanya iklan tersebut ditayangkan dalam
jangka waktu tertentu.
Perulangan atau repetisi lebih dapat menarik
perhatian khalayak. Menurut Emil Dovi Fat, perulangan sebagai salah satu
prinsip penting dalam menyampaikan gagasan. Semakin sering suatu iklan
disampaikan (diulang) akan semakin besar terpaan iklan tersebut dalam benak
pemirsannya, sehingga diharapkan para pemirsa dapat memproses dengan aktif
informasi yang telah diperoleh dari iklan disampaikan secara berulang-ulang
(Rakhmat, 2001: 53).
Post a Comment