Tujuan dan Fungsi Komunikasi Pemasaran



Tujuan utama dari aktivitas komunikasi pemasaran adalah menjangkau khalayak dengan maksud mempengaruhi perilaku. Seluruh aktivitas komunikasi pemasaran diarahkan kepada pencapaian suatu atau lebih tujuan-tujuan berikut ini (Shimp, 2003: 160-162) :
1.        Membangkitkan keinginan akan suatu kategori produk
Pada akhirnya, setiap organisai pemasaran bertujuan untuk meraih konsumen agar memilih produknya dan bukan produk pesaingnya. Namun, konsumen harus mempunyai keinginan terhadap suatu kategori produk terlebih dahulu. Pemasar harus melakukan berbagai usaha untuk membangun dan mempertahankan kategori produk mereka.
2.        Menciptakan akan kesadaran akan merek (Brand Awareness) 
3.        Mendorong sikap positif dan mempengaruhi niat membeli
4.        Memfasilitasi pembelian
Komunikasi Pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada konsumen menganai keberadaan produk di pasar (Sutisna, 2001: 268). Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Karena biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemasaran sangat besar, maka pemasar harus berhati-hati dalam menyusun rencana komunikasi pemasaran agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

1 comment:

  1. How to Play Slots on Windows 10 - DrmCD
    On the desktop, you can play some games online, 태백 출장안마 such as 전라북도 출장안마 slots, and they are not easy 계룡 출장마사지 to 청주 출장샵 install, and are the result 전라북도 출장안마 of a game crashing or an internet connection

    ReplyDelete

Powered by Blogger.