Alat-alat dan Jenis-jenis Motivasi Kerja



  Alat-alat dan Jenis-jenis Motivasi Kerja
Terdapat beberapa alat dan jenis motivasi kerja menurut Malayu (1996:99), yaitu sebagai berikut :
1.        Alat-alat motivasi kerja terdiri dari :
a.                                    Materil Insentif
Alat motivasi yang diberikan itu berupa uang dan atau barang yang mempunyai nilai pasar, jadi memberikan kebutuhan ekonomis. Misalnya : Kendaraan, Rumah, dan lain-lain.
b.                                   Nonmaterial Insentif
Alat motivasi yang diberikan itu berupa barang/benda yang tidak ternilai, jadi hanya memberikan kepuasan/kebanggaan rohani saja. Misalnya: Medali, Piagam, Bintang Jasa dan lain-lain.
c.                                    Kombinasi Materil dan Nonmateril
Alat motivasi yang diberikan itu berupa materil (uang dan barang) dan nonmateril (medali, piagam), jadi memenuhi kebutuhan ekonomis dan kepuasan/ kebanggaan rohani.

2.        Jenis-jenis motivasi kerja meliputi :
a.    Motivasi Positif (Insentif Positif); Manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hadiah kepada mereka yang berprestasi baik. Dengan motivasi positif ini semangat kerja bawahan akan meningkat, karena manusia pada umumnya senang menerima yang baik-baik saja.
b.    Motivasi Negatif (Insentif Negatif); Manajer memotivasi bawahannya dengan memberikan hukuman kepada mereka yang pekerjaannya kurang baik (prestasi rendah). Dengan memotivasi negatif ini semangat kerja bawahan dalam jangka waktu pendek akan meningkat, karena mereka takut di hukum, tetapi untuk jangka waktu panjang dapat berakibat kurang baik.

No comments

Powered by Blogger.