Pengertian Piutang


Pengertian Piutang
Istilah piutang (receivable) meliputi semua klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lainnya, termasuk individu, perusahaan, atau organisasi lainnya. Piutang biasanya memiliki bagian yang signifikan dari total aktiva lancar perusahaan. Banyak penjelasan mengenai definisi piutang yang dikemukakan oleh beberapa penulis buku-buku akuntansi, berikut beberapa definisi piutang :
Drs. Munandar dalam bukunya Pokok-pokok Intermediate Accounting mengemukakan :Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yang nantinya akan dimintakan bayarannya jika sudah sampai pada waktunya. (1996:6). Selain itu pengertian piutang juga dikemukakan oleh Henry Simamora dalam buku yang bejudul Auditing : Piutang menunjukan klaim entitas terhadap pelanggan akibat penjualan barang atau jasa dalam kegiatan usaha normal perusahaan. (2002:59). Zaki Baridwan mengemukakan dalam buku yang berjudul Intermediate Accounting :
“Piutang dagang (piutang usaha) menunjukan piutang yang timbul dari penjualan barang-barang atau jasa-jasa yang dihasilkan perusahaan dalam kegiatan perusahaan normal, biasanya piutang dagang akan dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, sehingga dikelompokan dalam aktiva lancar.” (2000:124)  

Niswager, Warren, Reeve, Fees dalam Accounting yang diterjemahkan oleh Alfonus Siraut M. dengan judul Prinsip-prinsip Akuntansi : Piutang meliputi sarana tuntutan (klaim) dalam bentuk uang terhadap entitas lainnya termasuk individu, perusahaan, atau orang laiinya.(2006:392)

No comments

Powered by Blogger.