Tujuan Pelatihan



Perusahaan yang akan melaksanakan program pelatihan harus terlebih dahulu mengetahui tujuan agar manfaat yang diperoleh benar-benar dapat dirasakan. Husein Umar (2000:12), mengemukakan pendapatnya mengenai tujuan pelatihan sebagai berikut : “Program pelatihan (training) bertujuan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan tekhnik pelaksanaan kerja tertentu untuk kebutuhan sekarang.”
Sedangkan menurut A.A Anwar Prabu Mangkunegara (2005:45), mengemukakan bahwa sebagai tujuan utama pelatihan adalah sebagai berikut :
(1). Meningkatkan penghayatan jiwa dan ideologi. (2). Meningkatkan produktivitas kerja. (3). Meningkatkan kualitas kerja. (4). Meningkatkan ketepatan perencanaan sumber daya manusia. (5). Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja. (6). Meningkatkan rangsangan agar pegawai mampu berprestasi secara maksimal. (7). Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja. (8). Menghindarkan keusangan (obsolencence).            (9). Meningkatkan perkembangan pegawai.


Berdasarkan teori-teori tersebut diatas maka jelaslah bahwa pelatihan dapat memacu tumbuh dan berkembangnya individu atau kelompok kerja dalam perusahaan. Perkembangan yang diharapkan tentu saja adalah perkembangan kearah yang lebih positif sehingga mereka akan berperan lebih besar dalam menentukan efektivitas dan efisiensi perusahan yang bersangkutan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan

No comments

Powered by Blogger.