Tahapan Pelatihan



Suatu perusahaan sebelum mengadakan pelatihan hendaklah melakukan beberapa analisa terlebih dahulu agar pelatihan yang akan diadakan tersebut dapat memenuhi tujuan perusahaan. George Bohlander dan Scott Snell dalam buku Managing Human Resources (2004: 95), mengemukakan tahapan-tahapan pelatihan, yaitu :
1.      Needs Assesment
a.      Organizational Analysis
b.      Task Analyisis
c.       Person Analysis
Tahapan ini adalah tahapan awal dari pelatihan. Analisis organisasi adalah meneliti lingkungan dan sumber daya organisasi untuk menentukan titik berat pelatihan yang akan dilaksanakan. Analisis tugas adalah meneliti deskripsi dan spesifikasi pekerjaan untuk menentukan aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan, sedangkan analisis individu adalah untuk menentukan individu-individu yang membutuhkan pelatihan.
2.      Design
a.      Instructional objectives
b.      Trainee readiness
c.       Learning Principles
Tahapan kedua adalah menentukan bentuk dan desain pelatihan yang akan dilaksanakan, terkait dengan tujuan pelatihan yang ditetapkan , kesiapan pegawai untuk mengikuti pelatihan, serta prinsip-prinsip belajar yang akan digunakan dalam pelatihan.
3.      Implementation
a.      On the job methods
b.      Off the job methods
c.       Management development
Tahapan ketiga adalah penerapan hasil analisis dan desain kedalam bentuk program pelatihan yang telah ditentukan.
4.      Evaluation
a.      Reaction
b.      Learning
c.       Behaviour
d.      Results
Tahap terakhir dari pelatihan adalah evaluasi pelatihan, dalam tahap ini diadakan penilaian terhadap pegawai yang telah menjadi peserta pelatihan, adapun penilaian yang diadakan menyangkut reaksi, pembelajaran, sikap, dan hasil akhir dari pelatihan yang telah diadakan. Evaluasi ini bertujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pelatihan dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang timbul dari pelaksanaan pelatihan untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika akan mengadakan pelatihan selanjutnya.

No comments

Powered by Blogger.