Cakupan Fungsi Manajemen



          Manajemen untuk organisasi apapun atau bidang apapun, pada dasarnya memiliki cakupan fungsi sebagai berikut : perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penempatan (staffing), pengarahan (directing) dan pengawasan (controlling).
   

             Perencanaan (Planning)
             Perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan rencana. Hasil dari perencanaan adalah rencana. Perencanaan (planning) merupakan fungsi dasar manajemen, karena fungsi manajemen yang lain seperti pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengawasan pun harus terlebih dahulu direncanakan.

             Pengorganisasian (Organizing)
Organizing berasal dari kata organize yang berarti menciptakan struktur dengan bagian-bagian yang diintegrasikan sedemikian rupa, sehingga hubungannya satu sama lain terikat oleh hubungan terhadap keseluruhannya. Pengorganisasian dapat diartikan penentuan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokkan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan kepada setiap karyawan, penetapan departemen-departemen (subsistem) serta penentuan hubungan-hubungan. 
 Penempatan (Staffing)

Penempatan (staffing) adalah pengisian jabatan untuk posisi-posisi tertentu yang memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu. Pengisian jabatan ini dilakukan berdasar asas “penempatan orang-orang yang tepat pada tempat yang tepat dan penempatan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat atau the right man in the right place and the right man in the right job”.
            Pengarahan (Directing)
Pengarahan (directing) yang sering juga disebut penggerakkan adalah fungsi manajemen yang terpenting dan paling dominan dalam proses manajemen. Fungsi ini baru dapat diterapkan setelah perencanaan, pengorganisasian dan penempatan karyawan dilakukan. Pengarahan bagaikan kunci starter bagi mobil, jika kunci starter ini belum dijalankan sebagaimana meskinya maka mobil tidak akan berjalan. Begitu juga dengan proses manajemen. Pengarahan merupakan upaya untuk membuat semua anggota kelompok/bagian agar mau bekerja sama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.
             Pengendalian (Controlling)  
Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan, agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam rencana. Pengendalian merupakan fungsi yang sangat penting dalam menentukan pelaksanaan proses manajemen, oleh karenanya fungsi ini dilakukan sebelum, pada saat, dan setelah proses manajemen hingga diketahui hasil akhirnya

No comments

Powered by Blogger.