Pengertian Pemasaran


Setiap manusia mempunyai kebutuhan dalam hidupnya. Manusia dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya itu melalui 4 (empat) cara, yaitu : memproduksi sendiri (self-production), memperoleh dengan paksa (coercion), meminta-minta (supplication), dan melalui pertukaran (exchange).


Pemasaran erat hubungannya dengan pemenuhan keinginan dan kebutuhan manusia melalui proses pertukaran karena pertukaran merupakan inti dari Disiplin Ilmu Pemasaran. Pengertian pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli dengan berbagai cara, pada dasarnya mempunyai arti yang sama.


 E. Jerome McCarthy dan William D. Perreault, JR. mendefinisikan pemasaran yang terbagi dalam pemasaran mikro dan makro (1993:8-9) sebagai berikut:



“Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi dan sekaligus merupakan proses sosial. Dengan kata lain, pemasaran ada ditingkat mikro dan makro. Karenanya, disini akan digunakan dua definisi tentang pemasaran – satu untuk pemasaran mikro dan lainnya untuk pemasaran makro. Yang pertama menyangkut pelanggan dan organisasi yang melayani mereka. Yang kedua meninjau pemasaran dengan sudut pandangan yang lebih luas tentang sistem produksi – distribusi secara keseluruhan. “



Adapun definisi pemasaran mikro dan makro, yaitu sebagai berikut :


1.      Pemasaran mikro (micro marketing) adalah pelaksanaan kegiatan perusahaan yang berusaha mencapai sasaran organisasi dengan mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau klien dan mengarahkan arus barang dan jasa pemuas kebutuhan dari produsen ke pelanggan atau klien.


2.      Pemasaran makro (macro marketing) adalah suatu proses sosial yang mengarahkan arus barang dan jasa dalam suatu perekonomian dari produsen ke konsumen dengan cara yang secara efektif menyesuaikan penawaran dan permintaan dan mencapai tujuan masyarakat.




No comments

Powered by Blogger.