Pengertian Pemasaran


          Kegiatan pemasaran sering disalah artikan dengan kegiatan penjualan dan promosi. Sebenarnya pemasaran bukan hanya sekedar melakukan kegiatan penjualan dan promosi saja. Penjualan dan promosi hanya merupakan salah satu dari beberapa fungsi pemasaran. Fungsi pemasaran yang sesungguhnya adalah mengidentifikasikan kebutuhan konsumen, mengembangkan produk yang tepat, menetapkan harga, melaksanakan distribusi dan promosi yang efektif. Pemasaran merupakan rangkaian aktivitas dan proses sosial.


Agar dapat memberikan gambaran yang
jelas mengenai pengertian pemasaran (marketing), disini penulis akan menguraikan beberapa pendapat dari para ahli.


Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong yang dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro (1997;12)sebagai:


“Suatu proses tempat individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan orang lain”.


Sedangkan menurut Basu Swastha DH (1996;5)  memberikan pengertian sebagai berikut:


“Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keiginan dan kebutuhan melalui pertukaran”.


Jadi dari kedua definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran (marketing) merupakan aktifitas yang dilakukan baik oleh individu maupun oleh suatu kelompok untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkannya. Aktivitas yang dimaksud adalah menciptakan, menawarkan dan melakukan pertukaran dari nilai produk tersebut dengan pihak lain.


Di dalam suatu perusahaan, aktifitas ini tidak dengan sendirinya terjadi. Perusahaan harus membuat rencana dalam menjalankan aktivitas ini yang berupa penetapan harga, promosi dan pendistribusian dari ide, barang dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan yang potensial.

No comments

Powered by Blogger.