Definisi dan Pengertian Manajemen
Definisi
dan Pengertian Manajemen
Untuk
memahami apa itu manajemen sumber daya manusia, kita sebaiknya meninjau
terlebih dahulu pengertian manajemen itu sendiri. Manajemen berasal dari kata to
manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan
diatur berdasarkan urutan dari fungsi manajemen itu sendiri. Jadi manajemen itu
suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Ada beberapa definisi
tentang manajemen pada umumnya, walaupun definisi itu beragam bunyinya, tetapi
pada pokoknya unsur-unsur yang ada di dalamnya adalah sama, diantaranya adalah
:
a.
Malayu (1996:2) mendefinisikan manajemen
sebagai berikut :
“Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan
tertentu”.
b.
Koontz dan O’Donnel (Malayu, 1996:3)
mengemukakan manajemen sebagai berikut :
“Management
is getting things done through people”.
(Manajemen
adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain).
Dalam
definisi ini manajemen dititikberatkan pada usaha memanfaatkan orang lain dalam
pencapaian tujuan tersebut, maka orang-orang dalam organisasi harus jelas
wewenang, tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.
c. Terry (Malayu, 1996:2)
memberikan definisi sebagai berikut :
“Management is a distinct process
consisting of planning, organizing, actuating and controlling performed to
determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other
resources”.
(Manajemen
adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber
daya manusia dan sumber-sumber lainnya).
Pengertian
dari masing-masing proses tersebut adalah:
1.
Perencanaan ; berarti bahwa para manajer
memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum dilaksanakan. Berbagai kegiatan ini
biasanya didasarkan pada berbagai metode, rencana atau logika, bukan hanya atas
dasar dugaan atau firasat.
2.
Pengorganisasian ; berarti para manajer
mengorganisasikan sumber daya-sumber daya manusia dan material organisasi.
Kekuatan suatu organisasi terletak pada kemampuannya untuk menyusun berbagai
sumber dayanya dalam mencapai suatu tujuan. Semakin terorganisasi dan
terintegrasi kerja organisasi, semakin efektif pencapaian tujuan-tujuan
organisasi. Pengkoordinasian merupakan bagian vital pekerjaan manajer.
3.
Pengarahan ; berarti bahwa para manajer
mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi para bawahan. Manajer tidak melakukan
semua kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan tugas-tugas esensial melalui
orang-orang lain. Mereka juga tidak sekedar memberikan perintah, tetapi
menciptakan iklim yang dapat membantu para bawahan melakukan pekerjaan secara
paling baik.
4.
Pengawasan ; berarti para manajer berupaya
untuk menjamin bahwa organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya. Bila
beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah, manajer harus
membetulkannya.
d.
Sikula (Malayu, 1996:2)
mendefinisikan manajemen sebagai berikut :
“Management is general
refers to planning, organizing, controlling, staffing, leading, motivating,
communicating and decision making activities performed by any organization in
order to coordinate the varied resources of the enterprise so as to bring an
efficient creation of some product or service”.
(Manajemen
pada umumnya dikaitkan pada aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian,
pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi dan pengambilan
keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk
mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga
akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien).
Jika kita
simak definisi-definisi di atas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa:
1.
Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai.
2.
Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni.
3.
Manajemen merupakan proses yang sistematis,
terkoordinasi, koperatif, dan terintegrasi dalam memanfaatkan unsur-unsurnya (men,
money, methods, material, mechines and market, disingkat dengan 6M)
4.
Manajemen baru dapat diterapkan jika ada dua orang
atau lebih melakukan kerjasama dalam suatu organisasi.
5.
Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas
dan tanggung jawab.
6.
Manajemen terdiri dari beberapa fungsi, yaitu
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan
(directing) dan pengendalian (controlling).
Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai
tujuan
Definisi
dan Pengertian Manajemen
Definisi
dan Pengertian Manajemen
Definisi
dan Pengertian Manajemen
Post a Comment