Meraih Brand Awareness



Meraih Brand Awareness
Menurut Aaker (1996:106) untuk meraih kesadaran atau awareness baik dalam tingakat pengenalan maupun dalam ingatan kembali terhadap suatu merk dapat diperoleh melaui beberapa pendekatan sebagai berikut :
1.      Memorable
Pesan yang disampaikan untuk menumbuhkan awareness, sebaiknya menghasilkan alas an untuk diperhatikan dan tidak mudah untuk dilupakan. Ada banyak kumpulna pesan yang dikomunikasikan tetapi hany ada satu kunci secara sederhana membedakan produk perusahaan dengan produk lainnya atau sesuatu hal yang tidak biasa dan tidak dilupakan.
2.      Slogan or Jingle (slogan atau semboyan)
Dalam menumbuhkan suatu awareness konsumen, merk bias dijadikan sebuah slogan atau jingle bagi suatu produk, sehingga konsumen dapat mengetahuinya atau mengenalnya, misalnya rokok A Mild dengan slogan ”Bukan Basa Basi”
3.      Sponsor atau Event
Untuk menumbuhkan suatu kesadaran atau awareness konsumen terhadap suatu merk produk, perusahaan membuat suatu symbol yang berhubungan dengan merk tersebut, misalnya mobil operasional Sampoerna dengan simbol A playing dikiri kanan mobil.
4.      Special and Remember (khas dan mudah)
Dalam menumbuhkan suatu awareness konsumen terhadap suatu merk, maka merk tersebut dibuat berbeda atau khas dan mudah diingat oleh konsumen
5.      Publicity atau publisitas
Dalam menumbuhkan awareness komsumen terhadap suatu produk, perusahaan mengadakan suatu kegiatan berupa promosi yang berhubungan dengan merk, sehingga konsumen akan mengetahui merk yang ditawarkan tersebut. Publisitas tersebut juga bias membangun minat konsumen untuk membeli suatu merk produk, serta dapat membantu memposisikan kembali produk yang mapan, misalnya dengan mengadakan promosi-promosi baik iklan, promosi penjualan dan personal selling.
6.      Brand to Expanation (perluasan akan merk)
Dalam menumbuhkan awareness konsumen terhadap suatu merk, perluasan nama merk dapat dipakai agar merk semakin banyak diingat pelanggan, misalnya berbagai jenis merk mobil baru yang dikeluarkan oleh Toyota.

No comments

Powered by Blogger.