Meraih Brand Awareness
Meraih
Brand Awareness
Menurut Aaker (1996:106) untuk meraih kesadaran atau
awareness baik dalam tingakat pengenalan maupun dalam ingatan kembali terhadap
suatu merk dapat diperoleh melaui beberapa pendekatan sebagai berikut :
1.
Memorable
Pesan
yang disampaikan untuk menumbuhkan awareness, sebaiknya menghasilkan alas an
untuk diperhatikan dan tidak mudah untuk dilupakan. Ada banyak kumpulna pesan
yang dikomunikasikan tetapi hany ada satu kunci secara sederhana membedakan
produk perusahaan dengan produk lainnya atau sesuatu hal yang tidak biasa dan
tidak dilupakan.
2.
Slogan or Jingle (slogan atau semboyan)
Dalam
menumbuhkan suatu awareness konsumen, merk bias dijadikan sebuah slogan atau
jingle bagi suatu produk, sehingga konsumen dapat mengetahuinya atau
mengenalnya, misalnya rokok A Mild dengan slogan ”Bukan Basa Basi”
3.
Sponsor atau Event
Untuk
menumbuhkan suatu kesadaran atau awareness konsumen terhadap suatu merk produk,
perusahaan membuat suatu symbol yang berhubungan dengan merk tersebut, misalnya
mobil operasional Sampoerna dengan simbol A playing
dikiri kanan mobil.
4.
Special and Remember (khas dan mudah)
Dalam
menumbuhkan suatu awareness konsumen terhadap suatu merk, maka merk tersebut
dibuat berbeda atau khas dan mudah diingat oleh konsumen
5.
Publicity atau publisitas
Dalam
menumbuhkan awareness komsumen terhadap suatu produk, perusahaan mengadakan
suatu kegiatan berupa promosi yang berhubungan dengan merk, sehingga konsumen
akan mengetahui merk yang ditawarkan tersebut. Publisitas tersebut juga bias
membangun minat konsumen untuk membeli suatu merk produk, serta dapat membantu
memposisikan kembali produk yang mapan, misalnya dengan mengadakan
promosi-promosi baik iklan, promosi penjualan dan personal selling.
6.
Brand to Expanation (perluasan akan merk)
Dalam
menumbuhkan awareness konsumen terhadap suatu merk, perluasan nama merk dapat
dipakai agar merk semakin banyak diingat pelanggan, misalnya berbagai jenis
merk mobil baru yang dikeluarkan oleh Toyota.
Post a Comment