Pengertian Produktivitas



Pengertian Produktivitas
Produktivitas berkaitan erat dengan kesediaan karyawan untuk bekerja lebih giat, titik sentrisnya adalah kesediaan untuk bekerjasama yang merupakan suatu hal yang tidak untuk dipaksakan, walaupun cara paksaan dapat digunakan namun hasil kerja tidak akan ada peningkatan karena pada dasarnya manusia tidak senang dipaksa dan bila hal ini terjadi manusia tidak akan tinggal diam.
Untuk memperjelas pengertian produktivitas, di bawah ini akan dibahas beberapa definisi menurut para pakar.
Basu Swastha D.H. dan Ibnu Sukotjo (1995 : 258) dalam bukunya yang berjudul Pengantar Bisnis Modern mengemukakan :
“Produktivitas kerja adalah suatu konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa yang diproduksi) dengan sumber (jumlah tenaga kerja, modal, tanah, energi) yang dipakai untuk menghasilkan hasil tersebut”.

Menurut Malayu S.P. Hasibuan dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan (1994:10) memberikan pengertian sebagai berikut :
“Produktivitas kerja adalah perbandingan antara output dan input dimana outputnya harus mempunyai nilai tambah, dan teknik pengerjaannya yang lebih baik. Produktivitas biasanya dihitung seperti indeks, sebagai rasio antara output dengan input”.

Sedangkan M. Sinungan dalam bukunya berjudul Produktivitas, Apa dan Bagaimana (1995 : 17) memberikan pengertian produktivitas sebagai berikut :
“Produktivitas adalah suatu pendekatan interdisipliner untuk menentukan tujuan yang efektif, pembuatan rencana, aplikasi pembuatan rencana yang produktif untuk menggunakan sumber-sumber yang efisien dan tetap menjaga adanya kualitas yang tinggi”.

Dari beberapa definisi di atas, pada umumnya para ahli berpendapat bahwa produktivitas merupakan perbandingan antara hasil yang diperoleh dengan sumber yang digunakan untuk menghasilkan barang produk/jasa dan hasil tersebut mempunyai nilai tambah.

No comments

Powered by Blogger.