Pengertian dan Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia



  Pengertian dan Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah manajemen yang diterapkan dalam bidang sumber daya manusia pada suatu organisasi, dengan kata lain manajemen sumber daya manusia adalah fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan) yang diterapkan dalan bidang sumber daya manusia (terhadap fungsi-fungsi operasional sumber daya manusia yang meliputi pengadaan, pengembangan, pengaturan balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan) terhadap tenaga kerja untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Agar pengertian sumber daya manusia ini lebih jelas, dibawah ini dirumuskan dan dikutip definisi yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu :
a.         Malayu (2000:10) mendefinisikan bahwa :
“Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat”.

b.        Flippo (Malayu, 2000:11) memberikan definisi sebagai berikut :
“Personnel management is the planning, organizing, directing and controlling of the procurement, development,compensation, integration, maintenance, and separation of human resources to the end that individual, organizational and societal objectives are accomplished”.
(Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan dan masyarakat ).
c.         Yoder (Malayu, 2000:11 ) mengemukakan Manajemen Sumber Daya manusia sebagai berikut :
“ Personel manajemen is the provision of leadership and direction of people in their working or employment relationship”.
(Manajemen personalia adalah penyedia kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka).
 
d.        Sikula (Malayu , 2000:11 ) mengemukakan bahwa :
“ Personel administration is the implementation of human resources (manpower) by and within an enterprise “.
( Administrasi kepegawaian adalah penempatan orang-orang kedalam suatu perusahaan ).
e.         Miner dan Mary (Malayu , 2000:11 ) memberikan definisi  sebagai berikut :
“Personal manajemen maybe defined as the process of developing, applying and evaluating policies, procedures, methods, and programs relating to the individual in the organization “.
(Manajemen Personalia didefinisikan sebagai suatu proses pengembangan, penerapan, dan menilai kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, metode-metode, dan program-program yang berhubungan dengan individu karyawan dalam organisasi).
Enam fungsi operasional sumber daya manusia meliputi :
a.         Pengadaan (Procurement) yang berupaya untuk mendapatkan jenis dan jumlah karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
b.        Pengembangan (Development) yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan prestasi kerja.
c.         Pengaturan Balas Jasa (Compensation) adalah imbalan yang diterima seseorang (umumnya dalam bentuk materi dan uang) atau jasa-jasa yang diberikan dalam jabatannya. Besarnya gaji pokok atau upah ditentukan oleh besarnya bobot nilai jabatan yang diukur melalui evaluasi jabatan (job Evaluation).
d.        Integrasi (Integration) merupakan usaha untuk mempersatukan kepentingan karyawan dan kepentingan organisasi, sehingga tercipta kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.
e.         Pemeliharaan (Maintenance) merupakan pemeliharaan tenaga kerja yang berkualitas agar mau tetap bekerjasama dan loyal terhadap organisasi.
f.         Pemberhentian (Separation) yang merupakan putusnya hubungan kerja dengan perusahaan dengan alasan-alasan tertentu, seperti kontrak kerja yang telah berakhir, pensiun, pemecatan maupun pemberhentian atas keinginan karyawan itu sendiri.
Dari berbagai definisi tersebut maka kita dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
1)        Fokus kajian manajemen Sumber Daya Manusia adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut urutan fungsi-fungsinya, agar efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
2)        Karyawan adalah perencana, pelaku, dan selalu berperan aktif dalam setiap aktifitas perusahaan.
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui kegiatan orang orang. Hal ini berarti bahwa sumber daya manusia berperan penting dan dominan dalam manajemen. Manajemen  Sumber Daya Manusia mengatur dan menetapkan program kepegawaian yang mencakup masalah-masalah sebagai berikut :
(a)     Menetapkan jumlah, kualitas, dan penempatan tenaga kerja yang efektif   sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan job description, job specification, job requirement, dan job evaluation.
(b)     Menetapkan penarikan, seleksi, dan penempatan karyawan berdasarkan asas the right man in the right place and the right man in the right job.
(c)      Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan, promosi dan pemberhentian.
(d)     Meramalkan penawaran dan permintaan sumber daya manusia pada masa yang akan datang.
(e)      Memperkirakan keadaan ekonomi pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.
(f)      Memonitor dengan cermat undang-undang perburuhan dan kebijakan pemberian balas jasa perusahaan-perusahaan sejenis.
(g)     Memonitor kemajuan teknik dan perkembangan serikat buruh.
(h)     Melaksanakan pendidikan, pelatihan dan penilaian prestasi karyawan.
(i)       Mengatur mutasi karyawan, baik vertikal maupun horizontal.
(j)       Mengatur pensiun dan pemberhentian karyawan.
Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia diakui sangat menentukan bagi terwujudnya tujuan, tetapi untuk memimpin unsur manusia ini sangat sulit dan rumit. Tenaga kerja manusia selain mampu, cakap dan terampil, juga tidak kalah pentingnya kemauan dan kesungguhan mereka untuk bekerja efektif dan efisien. Kemampuan dan kecakapan kurang berarti jika tidak diikuti moral kerja dan kedisiplinan karyawan dalam mewujudkan tujuan.

No comments

Powered by Blogger.