Hubungan Antara Event Marketing dengan Brand Awareness
Hubungan Antara Event Marketing dengan Brand Awareness
Promosi yang
dilakukan oleh suatu perusahaan melaui aktifitas event marketing memberikan
berbagai manfaat bagi perusahaan dalam suatu kondisi persaingan yang ketat.
Event marketing dapat dipadukan dengan kegiatan pemasaran lainnya, dapat
disusun, diorganisir dan dilakukan dengan cepat untuk mengatasi masalah yang
timbul dalam persaingan. Perusahaan menjadikan event sebagai sarana untuk
mengkomunikasikan pemasrannya, baik dalam bidang seni, musik, atau dibidang
olahraga serta dibidang lainnya.
Untuk membengun merk
banyak dikenal konsumen tidak terjadi begitu saja secara cepat melainkan memerlukan
waktu untuk membangun Awareness, Image dan Position sehingga
dapat diterima oleh konsumen. Peningkatan brand awareness diharapkan
dapat dicapai melaui aktifitas event marketing sejauh prosedur dalam
perencanaan dan pelaksanaanya dilakukan dengan baik. Semakin tinggi tahapan
suatu merk maka makin tinggi pula loyalitas konsumen terhadap suatu produk.
Bahkan suatu merk yang mendapat tempat terbaik dimata konsumen, akan mendapat
awareness yang tinggi pula dimata masyarakat.
Hal ini dikemukakan
oleh Shimp (2003:660) yang mengatakan bahwa “Event marketing activity well
done and continue can be expected to improve brand awareness go to top of mind
awareness” yang artinya bahwa aktifitas event marketing yang
dilakukan secara baik dan kontinyu dapat diharapkan membantu meningkatkan brand
awareness menuju top of mind awareness.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa aktifitas event marketing dikatan
berhasil apabila menerapkan suatu konsep yang kreatif, menarik, orisiniil
dengan hasil yang mulus dan lancar serta dilakukan kontinyu maka akan dapat
menumbuhkan dan memelihara awareness merk dari produk.
Post a Comment