Tingkat Brand Awareness
Tingkat Brand Awareness
Brand Awareness menunjuk
kepada kekuatan keberadaan merk yang ada di pikirankonsumen, menurut Aaker
(1996:330) awareness dapat diukur pada level yang berbeda-beda, yaitu :
·
Recognition
Yaitu
konsumen pernah mendengar atau mengetahui akan suatu merk dari suatu produk
tertentu. Level ini merupakan level yang paling bawah dan biasanya didasarkan
pada “ad aided test” dimana melalui survei responden yangdiberikan
beberapa merk dari produk dan diminta untuk menyebutkan merk yang pernah mereka
lihat atau kenal.
·
Recall
Yaitu
konsumen mengetahui merk dari suatu produk tertentu. Level ini biasanya
didasarkan pada “unaided recall test” dimana dalam test ini responden
tidak dibantu dengan menyediakan nama-nama merk yang mereka tahu dan kenal
untusuatu jenis produk tertentu. Test
ini menentukan posisi dan kekuatan suatu merk karena yang disebutkan responden
merupakan nama merk.
·
Graveyard Statistic
Yaitu
frekwensi penyebutan merk dari suatu produk tertentu oleh konsumen
·
Top of Mind
Yaitu
konsumen menyebutkan merk dari suatu produk tertentu yang pertama diingatnya.
Ini merupakan level yang paling dalam brand awareness diman nama merk tersebut
mempunyai posisi paling tinggi dibangdingkan merk lain untu suatu jenis produk
tertentu.
·
Brand Dominance
Yaitu
konsumen hanya menyebutkan serta mengingatkan satu macam merk dari produk
tertentu.
·
Brand Famialiarty
Yaitu
merk tersebut cukup dikenal oleh konsumen.
·
Brand Knowledge of Salience
Yaitu konsumen mempunyai pendapat mengenai merk dari
suatu produk tertentu
Post a Comment