Syarat-syarat Promosi Jabatan



Syarat-syarat Promosi Jabatan
Dalam mempromosikan karyawan, harus sudah dipunyai syarat-syarat tertentu yang telah direncanakan dan dituangkan dalam program promosi perusahaan. Syarat-syarat promosi harus diinformasikan kepada semua karyawan berusaha mencapai syarat-syarat promosi tersebut.
Syarat-syarat untuk promosi sudah tentu tidaklah sama untuk jabatan yang berbeda. Alasan persyaratan tersebut tidak sama dikarenakan kemampuan yang diperlukan untuk menduduki jabatan itu tidak sama, meskipun hal itu untuk jabatan yang sejenis.
Menurut Hasibuan (2001;110) menyatakan bahwa persyaratan promosi untuk setiap perusahaan tidak selalu sama tergantung kepada perusahaan masing-masing. Syarat-syarat promosi pada umumnya meliputi hal-hal berikut:
1.      Kejujuran
Karyawan harus jujur terutama pada dirinya sendiri, bawahannya perjanjian-perjanjian dalam menjalankan atau mengelola jabatan tersebut, harus sesuai kata dengan perbuatannya. Dia tidak menyelewengkan jabatannya untuk kepentingan pribadi.
2.      Disiplin
Karyawan harus disiplin pada dirinya, tugas-tugasnya, serta mentaati peraturan-peraturan yang berlaku baik tertulis maupun kebiasaan. Disiplin karyawan sangat penting karena hanya dengan kedisiplinan kemungkinan perusahaan dapat mencapai hasil yang optimal.
3.      Prestasi Kerja
Karyawan itu mampu mencapai hasil kerja yang dapat dipertanggungjawabkan kualitas maupun kuantitas dan bekerja secara efektif dan efisien. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan dapat memanfaatkan waktu dan mempergunakan alat-alat dengan baik.
4.      Kerjasama
Karyawan dapat bekerja sama secara harmonis dengan sesama karyawan baik horizontal maupun vertikal dalam mencapai sasaran perusahaan. Dengan demikian, akan tercipta suasana hubungan kerja yang baik diantara semua karyawan.
5.      Kecakapan
Karyawan itu cakap, kreatif, dan inovatif dalam menyelesaikan tugas-tugasnya pada jabatan tersebut dengan baik. Dia bisa bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, tanpa mendapat bimbingan yang terus–menerus dari atasannya.
6.      Loyalitas
Karyawan harus loyal dalam membela perusahaan dari tindakan yang merugikan perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa dia ikut berpartisipasi  aktif terhadap perusahaan.
7.      Kepemimpinan
Dia harus mampu membina dan memotivasi bawahannya untuk bekerja sama dan bekerja secara efektif dalam mencapai sasaran perusahaan. Dia harus menjadi panutan dan memperoleh personality outhority yang tinggi dari para bawahannya.
8.      Komunikatif
Karyawan itu dapat berkomunikasi secara efektif dan mampu menerima atau mempersepsi informasi dari atasan maupun dari bawahannya dengan baik, sehingga tidak terjadi miskomunikasi.
9.      Pendidikan
Karyawan harus telah memiliki ijazah dari pendidikan formal sesuai dengan spesifikasi jabatan.
          Persyaratan-persyaratan promosi jabatan tersebut di atas diharapkan dapat menjamin kestabilan perusahaan dan mampu meningkatkan moral kerja para karyawan dengan kata lain persyaratan-persyaratan tersebut harus dapat menjamin bahwa karyawan yang dipromosikan mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.

No comments

Powered by Blogger.