Tujuan Promosi Jabatan



Tujuan Promosi Jabatan
          Pelaksanaan promosi jabatan dalam suatu perusahaan disebabkan karena beberapa alasan, sehingga suatu tujuan promosi jabatan dapat ditetapkan. Di dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi (2001;112) Hasibuan mengemukakan tujuan-tujuan promosi jabatan, yaitu:
1.    Untuk memberikan pengakuan, jabatan dan imbalan jasa yang semakin besar kepada karyawan yang berprestasi kerja tinggi.
2.    Dapat menimbulkan kepuasan dan kebanggaan pribadi, status sosial yang semakin tinggi dan penghasilan yang semakin besar.
3.    Untuk merangsang agar karyawan lebih bergairah dalam bekerja, berdisiplin tinggi dan memperbesar produktivitas kerja.
4.    Untuk menjamin stabilitas kepegawaian dengan direalisasikan promosi kepada karyawan dengan dasar dan pada waktu yang tepat serta penilaian yang jujur.
5.    Kesempatan promosi dapat menimbulkan keuntungan berantai (multiplier effect) dalam perusahaan-perusahaan karena timbulnya lowongan berantai.
6.    Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan kreativitas dan motivasinya yang lebih baik merupakan daya dorong baagi karyawan lainnya.
7.    Untuk menambah atau memperluas pengetahuan serta pengalaman pengalaman kerja para karyawan dan ini merupakan daya dorongan bagi karyawan dan lainnya.
8.    Untuk mengisi kekosongan jabatan karena pejabatnya berhenti. Agar jabatan itu tidak lowong maka dipromosikan karyawan lainnya.
9.    Karyawan yang dipromosikan kepada jabatan yang tepat, semangat kerja, kesenangan dan ketenangan dalam bekerja semakin meningkat sehingga produktivitas kerjanya juga meningkat.
10. Untuk mempermudah penarikan pelamar, sebab dengan adanya kesempatan promosi merupakan daya pendorong serta perangsang bagi pelamar-pelamar untuk memasukan lamarannya.
11. Promosi akan memperbaiki status karyawan dari karyawan sementara menjadi karyawan tetap setelah lulus dalam percobaannya.
          Sedangkan menurut Nitisemito (1996;134) mengatakan:
“Tujuan promosi adalah untuk merangsang bagi peningkatan prestasi kerja yang lebih tinggi dari seorang karyawan”.
Maka dapat disimpulkan bahwa promosi jabatan bertujuan untuk menunjang kegiatan perusahaan atau pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia secara keseluruhan. Oleh karena itu promosi jabatan merupakan salah satu faktor untuk mencapai tujuan organisasi, maka promosi jabatan harus dilaksanakan berdasarkan hasil penilaian prestasi kerja karyawan.
Walaupun promosi jabatan telah dilaksanakan secara adil dan tepat, hal tersebut masih dapat menimbulkan masalah. Masalah yang timbul salah satunya disebabkan persaingan yang tidak sehat antar anggota organisasi sehingga dapat mempengaruhi dan menurunkan semangat kerja dan produktivitas karyawan. Masalah lain yang timbul dalam pelaksanaan promosi jabatan adalah diskriminasi. Pada saat sekarang tidak sedikit perusahaan yang membedakan karyawannya dalam melaksanakan promosi jabatan. Misalnya perbedaan ras, agama, dan jenis kelamin, sehingga diperlukan pengaturan dan kewajiban untuk menghindari terjadinya diskriminasi tersebut.

No comments

Powered by Blogger.