Jenis-Jenis Citra
Citra
terbagi dalam beberapa jenis (Ruslan, 2002: 77-79), antara lain:
a. The
mirror image (cerminan
citra)
Yaitu citra yang diyakini oleh perusahaan
bersangkutan, terutama para pimpinannya yang tidak percaya terhadap kesan orang
luar terhadap perusahaan yang dipimpinnya itu tidak selalu dalam posisi baik.
b.
The current image (citra yang sedang beredar)
Adalah citra yang
terdapat pada publik eksternal, yang berdasarkan pengalaman atau menyangkut
miskinnya informasi dan pemahaman publik eksternal.
c.
The wish image (citra yang diinginkan)
Citra ini
seperti apa yang ingin dicapai oleh pihak menejemen terhadap lembaga/perusahaan,
atau produk yang ditampilkan tersebut lebih dikenal (good awareness), menyenangkan dan diterima dengan kesan yang selalu
positif diberikan (take and give)
oleh publiknya atau masyarakat.
d.
The multiple image (pertalian citra)
Merupakan pelengkap
dari citra perusahaan diatas, misalnya bagaimana pihak Public Relations-nya akan menampilkan pengenalan (awareness) terhadap identitas, atribut
logo, brand name, seragam front liner, sosok gedung, dekorasi
lobby kantor dan penampilan para profesionalnya, kemudian diidentikkan kedalam
suatu citra serbaneka (multiple image)
yang diintegrasikan terhadap citra perusahaan (corporate image).
e.
The performance image (penampilan citra)
Lebih ditujukan kepada subyeknya, bagaimana kinerja
atau penampilan diri (performance image)
para professional pada perusahaan bersangkutan, misalnya dalam memberikan
berbagai bentuk dan kualitas pelayanannya, bagaimana seorang manajer yang
selalu hadir tepat waktu, menghormati bawahan, serba menyenangkan, dan memberikan
kesan yang selalu baik.
Post a Comment