Jenis-Jenis Citra



Citra terbagi dalam beberapa jenis (Ruslan, 2002: 77-79), antara lain:
a.       The mirror image (cerminan citra)
Yaitu citra yang diyakini oleh perusahaan bersangkutan, terutama para pimpinannya yang tidak percaya terhadap kesan orang luar terhadap perusahaan yang dipimpinnya itu tidak selalu dalam posisi baik.
b.      The current image (citra yang sedang beredar)
Adalah citra yang terdapat pada publik eksternal, yang berdasarkan pengalaman atau menyangkut miskinnya informasi dan pemahaman publik eksternal.
c.       The wish image (citra yang diinginkan)
Citra ini seperti apa yang ingin dicapai oleh pihak menejemen terhadap lembaga/perusahaan, atau produk yang ditampilkan tersebut lebih dikenal (good awareness), menyenangkan dan diterima dengan kesan yang selalu positif diberikan (take and give) oleh publiknya atau masyarakat.
d.      The multiple image (pertalian citra)
Merupakan pelengkap dari citra perusahaan diatas, misalnya bagaimana pihak Public Relations-nya akan menampilkan pengenalan (awareness) terhadap identitas, atribut logo, brand name, seragam front liner, sosok gedung, dekorasi lobby kantor dan penampilan para profesionalnya, kemudian diidentikkan kedalam suatu citra serbaneka (multiple image) yang diintegrasikan terhadap citra perusahaan (corporate image).
e.       The performance image (penampilan citra)
Lebih ditujukan kepada subyeknya, bagaimana kinerja atau penampilan diri (performance image) para professional pada perusahaan bersangkutan, misalnya dalam memberikan berbagai bentuk dan kualitas pelayanannya, bagaimana seorang manajer yang selalu hadir tepat waktu, menghormati bawahan, serba menyenangkan, dan memberikan kesan yang selalu baik.



No comments

Powered by Blogger.