Bauran Promosi (Promotional Mix)
Promotional Mix atau Bauran Promosi adalah salah satu unsur 4P
dalam pemasaran. Unsur lainnya adalah Product
(Produk yang baik), Pricing
(Penetapan Harga yang menarik), dan Place
(Pendistribusian yang tepat sasaran).
Menurut Tjiptono dalam bukunya yang
berjudul “Strategi Pemasaran”, bauran
promosi terdiri dari :
a. Personal
Selling
Personal
Selling adalah komunikasi langsung (tatap muka)
antara penjual dan calon pembeli untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon
pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka
kemudian akan mencoba dan membelinya.
b. Mass
Selling
Merupakan pendekatan
yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak
ramai dalam satu waktu. Menurut Tjiptono dalam bukunya “Strategi Pemasaran“ (1997: 225-228) Terdapat dua macam mass selling yaitu:
1.Periklanan
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi
yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Iklan
itu sendiri adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada
informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun
sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah
pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.
2.Publisitas
Publisitas adalah bentuk penyajian dan
penyebaran ide, barang dan jasa secara non personal, yang mana orang atau
organisasi yang diuntungkan tidak membayar untuk itu. Publisitas merupakan
pemanfaatan nilai-nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk
membentuk citra produk yang bersangkutan.
c. Promosi
Penjualan
Promosi penjualan
adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat
diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan
jumlah barang yang dibeli pelanggan.
d. Public
Relations
Public
relations merupakan upaya komunikasi menyeluruh
dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap
berbagai kelompok terhadap perusahan tersebut. Yang dimaksud dengan
kelompok-kelompok itu adalah mereka yang terlibat, mempunyai kepentingan, dan
dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya (Tjiptono,
1997: 230).
e.
Direct
Marketing
Direct Marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif,
yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang
terukur dan atau transaksi di sembarang tempat. Dalam hal ini komunikasi
promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual, dengan tujuan agar
pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan, baik melalui
telepon, pos atau dengan datang langsung ke tempat pemasar (Tjiptono, 1997:
222-223).
Post a Comment