"AHMAD DHANI SCHOOL OF
ROCK"
·
pemasaran
Strategi pemasaran adalah ilmu yang mempelajari pemasaran dan strategi
melalui analisis, pilihan dan implementasi strategi yang diterapkan dalam
bisnis
atau industri. Jain (1990) dalam Handoko (2002) menyatakan bahwa secara
esensial ada tiga faktor yang dikenal dengan 3 the strategic 3c’s yang
perlu
diperhatikan dalam membuat strategi pemasaran yaitu: Consumer,
Competition
and Company. Strategi pemasaran yang diadakan oleh suatu perusahaan harus
dapat membedakan dirinya sendiri secara efektif dari kompetitornya dan
mengalokasikan kekuatannya yang khusus untuk memberikan nilai yang baik
kepada konsumen. Strategi pemasaran yang baik ditandai oleh perubahan
tingkat
persaingan dalam industri tempat perusahaan berada disebabkan oleh
beberapa
faktor (Kotler, 2000):
1. Ancaman masuknya pemasok baru dalam industri.
2. Ancaman timbulnya produk atau jasa pengganti pasar.
3. Kekuatan tawar menawar pemasok.
4. Kekuatan tawar menawar pembeli.
5. Tingkat persaingan diantara perusahaan-perusahaan atau pesaing yang
ada.
Ada kekuatan yang mempengaruhi kompetisi tersebut dikenal dengan “the
five
forces – model of competition
·
strategi
pemasaran pada perusahaan
Adapun strategi
pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah siswa yang ikut di “ahmad
dhani school of rock” adalah sebagai berikut:
1.
Product
Strategi
yang diambil untuk meningkatkan jumlah siswa adalah sebagai berikut:
a)
Penambahan program yang merupakan diferensiasi produk,
seperti performance program,program jurusan (vocal, drum, piano, keyboard, bas,
guitar, biola , dan program khusus
b)
Diversifikasi produk seperti
TINGKAT
PROGRAM
|
LAMA
PROGRAM
|
TARGET PROGRAM
|
BEGINER PROGRAM
|
1 Tahun
|
Penguasaan dasar bermusik:
- Penguasaan instrumen
- Penguasaan skill bermusik
- Dasar live
performing
|
INTERMEDIATE
PROGRAM
|
- Penguasaan pengetahuan dan skill bermusik
secara lebih dalam.
- Aplikasi bermusik
& performing.
|
|
ADVANCE PROGRAM
|
1 Tahun
|
- Pendalaman aplikasi bermusik
- Pendalaman live performing
- Penyelesaian & penguasaan
study kasus
- Membentuk/mencetak
pemusik
|
Catatan:
Untuk siswa/siswi dengan kondisi dan
keterampilan
khusus, penempatan atau klasifikasi program
melalui
placementest.
Contoh:
Untuk siswa/siswi yang sudah memiliki skill
khusus,
maupun yang sudah pernah mengikuti kursus
musik
sebelumnya.
2.
Price
Penetapan
harga yang tepat diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa yang mengikuti kursus di “ahmad dhani school of
rock”.
3.
. Location
Menempati lokasi yang strategis dan
mudah dijangkau demi kenyamanan siswa. Lokasi strategis menjadi faktor penting
dalam menarik siswa untuk mengikuti kursusHal tersebut sangat disadari
oleh“ahmad dhani school of rock”, sehingga mereka memilih tempat yang strategis
untuk melakukan bisnis usahanya Memperbaiki fasilitas ruangan maupun
fasilitas-fasilitas lainnya guna kenyamanan belajar siswa maupun kinerja
pengajar dan karyawan lainnya, karena tampilan fisik sebuah lembaga belajar
penting agar siswa tertarik untuk mengikuti kursus di “ahmad dhani school of rock”.
4.
Promotion
Melakukan berbagai macam promosi yang diharapkan mampu
meningkatkan jumlah siswa dengan cara sebagai berikut:
a)
Promosi di acara acara music yang menghadirkan pemusik dari
“republic cinta management”
b)
Menyebarkan brosur brosur di daerah yang telah dibuka
c)
Mengadakan konser music yang menghadirkan artis dari
“republic cinta management”
d)
Pembukaan cabang yang menghadirkan artis dari “republic
cinta management”
e)
Dll
·
Manajemen
sumber daya manusia
1.
Perencanaan sumber daya manusia di “ ahmmad dhani school of
rock”
Perencanaan sumber daya manusia di “ ahmmad dhani school of
rock” meliputi penyusunan anggaran tenaga kerja (man power budgeting) yaitu
kegiatan memadukan jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah tenaga kerja
yang dibutuhkan, tujuannya untuk mendapat gambaran mengenai kebutuhan tenaga
kerja, dan penyusunan program tenaga kerja (man power programming), yaitu
kegiatan untuk mengisi formasi yang meliputi program pengadaan tenaga kerja,
promosi jabatan, pelatihan dan pengembangan pegawai, pengembangan karier,
program pemeliharan pegawai, dan program pemberhentian pegawai
2.
Pengendalian SDM Tenaga pengajar
a.
Menentukan standar-standar untuk melakukan control terhadap:
1)
Pengembangan standar kompetensi:
2)
Pengembangan standar proses
3)
Standar penilaian.
4)
Standar pengajar
b.
Membandingkan pelaksanaan performance dengan standar
c.
Pengembangan standar proses
d.
Standar penilaian
e.
Standar pengajar
·
Operasi
Dalam
menjalankan operasi “ahmad dhani school of music” menawarkan bentuk usaha kemitraan
dimana investor dapat membeli hak pengelolaan suatu outlet bentuk kerjasamanya
adalah sebagai berikut
-
Kerjasama Usaha Berjangka (KUB)
-
Periode Waktu Kerjasama : 5 (lima) Tahun (baik untuk satu outlet maupun satu
area)
-
Ada 2 (dua) macam kemitraan
1.
Kemitraan untuk 1 (satu) titik.
:
investor (mitra) membeli dan mempunyai hak untuk mengelola satu outlet / satu cabang sekolah musik “Ahmad Dhani
School Of Rock “ di kota tertentu.
2.
Kemitraan untuk satu wilayah / Area
investor (mitra ) membeli dan mempunyai hak kelola sekolah music “Ahmad
Dhani Shool Of Rock” untuk satu wilayah tertentu (bisa satu propinsi, atau
beberapa kabupaten. Cakupan wilayah ditentukan oleh kantor pusat)
Post a Comment