Analisis fungsi bisnis pada perusahaan "AHMAD DHANI SCHOOL OF ROCK"



"AHMAD DHANI SCHOOL OF ROCK"

·         pemasaran
Strategi pemasaran adalah ilmu yang mempelajari pemasaran dan strategi
melalui analisis, pilihan dan implementasi strategi yang diterapkan dalam bisnis
atau industri. Jain (1990) dalam Handoko (2002) menyatakan bahwa secara
esensial ada tiga faktor yang dikenal dengan 3 the strategic 3c’s yang perlu
diperhatikan dalam membuat strategi pemasaran yaitu: Consumer, Competition
and Company. Strategi pemasaran yang diadakan oleh suatu perusahaan harus
dapat membedakan dirinya sendiri secara efektif dari kompetitornya dan
mengalokasikan kekuatannya yang khusus untuk memberikan nilai yang baik
kepada konsumen. Strategi pemasaran yang baik ditandai oleh perubahan tingkat
persaingan dalam industri tempat perusahaan berada disebabkan oleh beberapa
faktor (Kotler, 2000):
1. Ancaman masuknya pemasok baru dalam industri.
2. Ancaman timbulnya produk atau jasa pengganti pasar.
3. Kekuatan tawar menawar pemasok.
4. Kekuatan tawar menawar pembeli.
5. Tingkat persaingan diantara perusahaan-perusahaan atau pesaing yang ada.
Ada kekuatan yang mempengaruhi kompetisi tersebut dikenal dengan “the five
forces – model of competition
·         strategi pemasaran pada perusahaan
  Adapun strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah siswa yang ikut di “ahmad dhani school of rock” adalah sebagai berikut:
1.      Product
Strategi yang diambil untuk meningkatkan jumlah siswa adalah sebagai berikut:
a)      Penambahan program yang merupakan diferensiasi produk, seperti performance program,program jurusan (vocal, drum, piano, keyboard, bas, guitar, biola , dan program khusus








b)      Diversifikasi produk seperti
TINGKAT PROGRAM
LAMA PROGRAM
TARGET PROGRAM
BEGINER PROGRAM
1 Tahun
Penguasaan dasar bermusik:
- Penguasaan instrumen
- Penguasaan skill bermusik
- Dasar live performing
INTERMEDIATE
PROGRAM
- Penguasaan pengetahuan dan skill bermusik secara lebih dalam.
- Aplikasi bermusik & performing.
ADVANCE PROGRAM
1 Tahun
- Pendalaman aplikasi bermusik
- Pendalaman live performing
- Penyelesaian & penguasaan
study kasus
- Membentuk/mencetak pemusik

Catatan:
Untuk siswa/siswi dengan kondisi dan keterampilan
khusus, penempatan atau klasifikasi program melalui
placementest.
Contoh:
Untuk siswa/siswi yang sudah memiliki skill khusus,
maupun yang sudah pernah mengikuti kursus musik
sebelumnya.
2.      Price
            Penetapan harga yang tepat diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa yang           mengikuti kursus di “ahmad dhani school of rock”.

3.      . Location
Menempati lokasi yang strategis dan mudah dijangkau demi kenyamanan siswa. Lokasi strategis menjadi faktor penting dalam menarik siswa untuk mengikuti kursusHal tersebut sangat disadari oleh“ahmad dhani school of rock”, sehingga mereka memilih tempat yang strategis untuk melakukan bisnis usahanya Memperbaiki fasilitas ruangan maupun fasilitas-fasilitas lainnya guna kenyamanan belajar siswa maupun kinerja pengajar dan karyawan lainnya, karena tampilan fisik sebuah lembaga belajar penting agar siswa tertarik untuk mengikuti kursus di  “ahmad dhani school of rock”.
4.      Promotion
Melakukan berbagai macam promosi yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa dengan cara sebagai berikut:
a)      Promosi di acara acara music yang menghadirkan pemusik dari “republic cinta management”
b)      Menyebarkan brosur brosur di daerah yang telah dibuka
c)      Mengadakan konser music yang menghadirkan artis dari “republic cinta management”
d)      Pembukaan cabang yang menghadirkan artis dari “republic cinta management”
e)      Dll




·         Manajemen sumber daya manusia
1.      Perencanaan sumber daya manusia di “ ahmmad dhani school of rock”
Perencanaan sumber daya manusia di “ ahmmad dhani school of rock” meliputi penyusunan anggaran tenaga kerja (man power budgeting) yaitu kegiatan memadukan jumlah tenaga kerja yang tersedia dengan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, tujuannya untuk mendapat gambaran mengenai kebutuhan tenaga kerja, dan penyusunan program tenaga kerja (man power programming), yaitu kegiatan untuk mengisi formasi yang meliputi program pengadaan tenaga kerja, promosi jabatan, pelatihan dan pengembangan pegawai, pengembangan karier, program pemeliharan pegawai, dan program pemberhentian pegawai
2.      Pengendalian SDM Tenaga pengajar
            a. Menentukan standar-standar untuk melakukan control terhadap:
            1) Pengembangan standar kompetensi:
            2) Pengembangan standar proses
            3) Standar penilaian.
            4) Standar pengajar
            b. Membandingkan pelaksanaan performance dengan standar
            c. Pengembangan standar proses
            d. Standar penilaian
            e. Standar pengajar
·         Operasi
Dalam menjalankan operasi “ahmad dhani school of music” menawarkan bentuk usaha kemitraan dimana investor dapat membeli hak pengelolaan suatu outlet bentuk kerjasamanya adalah sebagai berikut
            - Kerjasama Usaha Berjangka (KUB)
            - Periode Waktu Kerjasama : 5 (lima) Tahun (baik untuk satu outlet maupun satu area)
            - Ada 2 (dua) macam kemitraan
            1. Kemitraan untuk 1 (satu) titik.
            : investor (mitra) membeli dan mempunyai hak untuk mengelola satu outlet / satu          cabang sekolah musik “Ahmad Dhani School Of Rock “ di kota tertentu.
            2. Kemitraan untuk satu wilayah / Area
investor (mitra ) membeli dan mempunyai hak kelola sekolah music “Ahmad Dhani Shool Of Rock” untuk satu wilayah tertentu (bisa satu propinsi, atau beberapa kabupaten. Cakupan wilayah ditentukan oleh kantor pusat)

No comments

Powered by Blogger.