DEFINISI MANAJEMEN OPERASI (Fogarty, 1989)


“sebagai suatu proses yang secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan”
Unsur-unsur pokok definisi itu dapat dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:
1.    Kontinyu/ berkesinambungan : berarti manajemen operasi bukan suatu kegiatan yang berdiri sendiri. Keputusan manajemen tidak merpakan suatu tindakan sesaat melaikan tindakan yang berkelanjutan atau suatu proses yang kontinyu.
2.    Efektif; berarti segala pekerjaan harus dapat dilakukan secara tepat dan sebaik-baiknya, serta mencapai hasil sesuai denagan yang diharapkan.
3.    Fungsi manajeman; kegiatan manajemen operasi memerlukan pengetahuan yang luas karena mencakup berbagai fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian.
4.    Mengintegrasi berbagai sumber daya; dalam pelaksanaanya, bergabai sumberdaya seperti manusia, material, modal, mesin manajemen atau metode, enerji, dan informasi diintegrasikan untuk menghasilkan barang atau jasa. Sedangkan integrasi itu sendiri merupakan penggabungan dua atau lebih sumber daya dalam bergabai kombinasi yang terbaik.
5.    Efisien; manajer operasi juga dituntut untuk mempunyai kemampuan bekerja secara efisien agar dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan memperkecil limbah.
6.    Tujuan; kegiantan manajemen operasi harus mempunyai tujuan, yaitu menghasilkan suatu produk sesuai dengan yang direncanakan.

No comments

Powered by Blogger.