Pengertian Kepuasan Kerja



Pengertian Kepuasan Kerja
Penelitian mengenai kepuasan kerja tidak saja bermanfaat bagi perusahaan dalam usaha meningkatkan produktivitas kerja, tetapi juga dirasakan manfaatnya oleh karyawan sebagai salah satu upaya dari perusahaan untuk meningkatkan kehidupannya. Kemudian dari upaya yang dilakukan karyawan dan perusahaan dalam perbaikan sikap karyawan terhadap pekerjaannya maka masyarakat dapat menikmati hasil yang maksimal.
Definisi kepuasan kerja menurut Handoko (1993;193) yaitu:
“Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan, atau tidak menyenangkan dengan mana para karyawan memandang pekerjaan mereka”.
Sedangkan menurut Hasibuan (2001;199) menyatakan bahwa:
“Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya”.
          Ditambah pula bahwa sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja, kepuasan kerja ini dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan, dan kombinasi antara dalam dan luar pekerjaan.
          Kepuasan kerja dalam pekerjaan adalah kepuasan kerja yan dinikmati dalam perkerjaan dan memperoleh pujian hasil kerja, penempatan, perlakuan peralatan, dan suasana lingkungan kerja yang baik. Karyawan yang lebih suka menikmati kepuasan kerja dalam pekerjaan ini akan lebih baik mengutamakan pekerjaannya dari balas jasa itu penting.
          Kepuasan kerja di luar pekerjaan adalah kepuasan kerja karyawan yang menikmati di luar pekerjaan dengan hasil kerjaannya agar ia dapat membeli kebutuhan-kebutuhannya. Karyawan yang lebih suka menikmati kepuasan kerja di luar pekerjaan lebih mempersoalkan balas jasa daripada pelaksanaan tugas-tugasnya.
          Kepuasan kerja kombinasi dalam dan luar pekerjaan adalah kepuasaan kerja yang dicerminkan oleh sikap emosional yang seimbang antara balas jasa dan pelaksanaan pekerjaannya, karyawan yang lebih menikmati kepuasaan kombinasi dalam dan luar pekerjaan akan merasa puas jika hasil kerja dan balas jasanya dirasa adil dan layak.
          Dari beberapa definisi di atas umumnya menyatakan bahwa kepuasan kerja merupakan bentuk perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, situasi kerja, dan hubungannya dengan rekan sekerjanya.
          Dengan demikian kepuasan kerja merupakan sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh seorang karyawan, di mana mereka dapat berintrospeksi dengan lingkungan kerjanya, untuk selanjutnya mereka akan bekerja sebaik mungkin sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.

No comments

Powered by Blogger.