Pengertian Produktivitas Kerja



Pengertian Produktivitas Kerja
     Organisasi atau perusahaan didalam menjalankan aktivitas usahanya dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuannya melalui penggunaan sumber-sumber daya yang ada dengan semaksimal mungkin (efisien) sehingga mampu menghasilkan suatu hasil produksi yang optimal (efektif). Produksi optimal menunjuk pada peningkatan produktivitas kerja yang tinggi. Seperti yang dikemukakan oleh Simanjuntak dalam bukunya “Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia”, memberikan pengertian bahwa “Produktivitas adalah perbandingan antara hasil yang dicapai (keluaran) dengan keseluruhan sumber daya (masukan) yang dipergunakan persatuan waktu”. (1992;30).
     Produktivitas pada dasarnya mencakup sikap mental yang mempunyai pandangan tentang hari depan secara optimis, bahwa mutu kehidupan hari ini adalah lebih baik dari hari kemarin dan esok adalah lebih baik dari hari ini. Beberapa pengertian mengenai produktivitas seperti yang diungkapkan oleh para ahli ialah:
     “Produktivitas mencakup dua konsep dasar yaitu daya guna (efisiensi) dan hasil guna (efektivitas). Daya guna menggambarkan tingkat sumber-sumber manusia, dana dan alam yang diperlukan untuk mengusahakan hasil tertentu, sedang hasil guna menggambarkan akibat dan kualitas dari hasil yang diusahakan”. (Syarif, 1991;1).

Sedangkan menurut pendapat J. Ravianto dalam bukunya “Produktivitas dan Tenaga Kerja”, memberikan definisi:
“Produktivitas kerja pegawai merupakan daya kemampuan baik tenaga maupun pikiran seseorang dalam suatu organisasi untuk menghasilkan suatu hasil dengan menggunakan cara-cara (waktu, bahan, tenaga) tertentu dimana hasil yang tersebut mempunyai perbandingan yang terbalik dengan nilai pengorbanannya”. (1986;132).

Bambang Kusriyanto dalam bukunya “Meningkatkan Produkivitas Pegawai”, mengemukakan bahwa, “Produktivitas merupakan rasio antara hasil kegiatan (keluaran) dan segala pengorbanan atau biaya untuk mewujudkan hasil tersebut (input)”. (1990;1).
Selanjutnya menurut Nawawi, “Produktivitas adalah perbandingan terbalik antara hasil yang diperoleh dengan jumlah yang dipergunakan. Produktivitas dikatakan tinggi jika yang akan diperoleh lebih besar dari sumber kerja yang digunakan”. (1991;98).
Dalam bukunya, “Produktivitas; Apa dan Bagaimana”, Muchdarsyah Sinungan, memberikan pengertian mengenai produktivitas adalah sebagai berikut:
“Produktivitas adalah suatu pendekatan interdisipliner untuk menentukan tujuan yang efektif, pembuatan rencana, aplikasi penggunaan cara yang produktivitas untuk menggunakan sumber-sumber secara efisien, dan tetap menjaga adanya kualitas yang tinggi. Produktivitas mengikutsertakan pendayagunaan secara terpadu sumber daya manusia dan keterampilan, barang, modal, teknologi, manajemen, informasi, energi, dan sumber-sumber lain menuju kepada pengembangan dan peningkatan standar hidup untuk seluruh masyarakat, melalui produktivitas total”. (2005;17).

Dengan mengaju pada beberapa pendapat dari para ahli yang telah diuraikan diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa produktivitas merupakan pelaksanaan dari penerapan dan penggunaan sumber-sumber daya yang tersedia baik tenaga kerja maupun modal yang dikombinasikan dengan kebijakan serta dukungan dari suatu manajemen yang ada didalam perusahaan secara tepat untuk menghasilkan suatu hasil yang diinginkan dan yang memiliki nilai guna yang tinggi dalam pencapaian tujuan yang telah direncanakan.

No comments

Powered by Blogger.